Modifikasi Aplikasi SisfoMas di Sulsel

Pada tahun 2009 yang lalu, Dinkes Sulsel menganggarkan beberapa kegiatan SIK, antara lain Penyusunan desain database, survei potensi kebutuhan, seminar hasil survei potensi kebutuhan, penyusunan masterplan, modifikasi dan instalasi aplikasi SIK, pemutakhiran data, penyusunan dokumen SIK (profil, informasi capaian program kesehatan, Sulsel dalam peta, pertemuan Tim Pokja Data dll).

Sayang seribu sayang karena DIPA terlambat turun sehingga yang sempat kami laksanakan hanya penyusunan desain database, modifikasi dan instalasi aplikasi SIK, pemutahiran data dan penyusunan dokumen SIK.

Diantara sekian kegiatan yang dilaksanakan, salah satu kegiatan yang kami bahas pada ruang ini yaitu modifikasi aplikasi SIK (aplikasi SisfoMas).

Kegiatan modifikasi aplikasi SisfoMas dilaksanakan pada tanggal 10-12 Desember di Hotel Clebes Indah Jl. G.Lantimojong Makassar yang diikuti oleh tim POKJA Data kabupaten/ kota se Sulsel. Aplikasi SisfoMas itu adalah aplikasi yang dibawa oleh Mas Harmi Prasetyo bersama Suhartanto dari Yogya ke Makassar. Beliau berdua inilah yang memberikan, mengajarkan penggunaannya, serta mengajar merobahnya/ memodifikasi aplikasi tersebut kepada kami tim POKJA Data Kesehatan Sulsel.

Hasil modifikasi khusus langsung diuji coba di salah satu Puskesmas di Kabupaten Jeneponto, yaitu Puskesmas Tolo (kebetulan puskesmas ini sudah lengkap komputer beserta jaringannya).

Hasil dari kegiatan modifikasi dan instalasi aplikasi SisfoMas tersebut :

1. SisfoMas di Puskesmas Tolo menjadi mantap,

2. Dinkes Kab. Jeneponto akan mengembangkan SisfoMas pada 4 puskesmas lagi pada tahun 2010 ini,

3. Pada akhir Desember 2009, Dinkes Kota Makassar menindak lanjuti kegiatan yang sama dengan menghadirkan tim data Puskesmas se Kota Makassar.

4. Tim Data Dinkes Kab. Bone mengembangkan SisfoMas ke satu persatu puskesmas yang ada di wilayahnya.

5. Tim Data Dinkes Kab. Bulukumba dan Pinrang mengangarkan kegiatan tersebut pada tahun 2010 ini.

Permasalahan :

Aplikasi SisfoMas tidak dapat terinstall pada komputer yang menggunakan W.Vista dan W.7. (Semoga Mas Harmi & Tanto masih sudih membantu).

Doakan kami semoga SisfoMas bisa digunakan pada seluruh Puskesmas di Sulsel. Amiiin………………..

4 Responses to “Modifikasi Aplikasi SisfoMas di Sulsel”


  1. 1 Chandra Februari 14, 2010 pukul 7:31 am

    mantap boss, bgimana klo sulteng mau coba2 jga, soals kami mau inisiasi draft master plan dari hasil assesment awal, ada beberapa kabupaten yg mau liat aplikasi sj, mereka belum merasa penting dengan dokumen pengembangan sikda.

  2. 2 sudarianto Februari 15, 2010 pukul 2:33 am

    Iya, sisfoMas lebih baik, jagan hanya KIA……….

  3. 3 anis Maret 6, 2010 pukul 5:03 pm

    Mas/mbak alumni Simkes 06, Simkes sekarang juga punya platform baru untuk berkomunikasi antar mahasiswa dengan alumni lho. Alamatnya ada di http://plo-simkes.ugm.ac.id. User dan password sedang dipersiapkan oleh mas Harmi. PLO adalah singkatan dari Paperless Office. Di sana mau diskusi lebih detail, kangen-kangenan, lucu-lucuan sampai dengan ngomentarin mahasiswa yang sekarang lagi pusing dengan tesisnya juga bisa. Ditunggu di PLO.

  4. 4 Baly Juni 30, 2010 pukul 4:14 am

    ass…klo ga mau nyimpan data n profil problemnya dimana ya???
    mohon pencerahannya………
    terima kasih….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: