Master Plan SIKDA suatu Proses menuju Perbaikan ?

Ass ..

Berlama-lama membaca tulisan kawan-kawan yang hari demi hari bersirat makin dalam, akhirnya membuat saya mecoba kembali menulis walaupun sedikit. Kalau tidak salah sudah sekitar 3 bulan saya absen menulis disebabkan banyak hal, salah satunya perubahan SOTK tempat kerja saya. Selanjutnya saat ini dengan suasana kerja yang baru, kami mencoba untuk mendiskusikan dan berkreasi diantaranya Master Plan SIKDA.

Sebelum lebih jauh, saat ini saya merasa semakin hari makna SIKDA makin membawa tanda tanya besar. Beberapa diskusi kecil yang saya ikuti dan melihat berbagai macam pendapat dengan mengatas namakan kebutuhan program, kebutuhan data pusat dan masalah yang diprediksi akan timbul dengan dikembangkannya Master Plan SIKDA. Sebelum lebih jauh lagi, saya juga berdoa dalam hati semoga Leadership berperan besar dalam proses penyusunan Master Plan SIKDA di daerah ini. Leadership dalam hal ini Kepala Dinas.

Sebelum si SIKDA ini dibuat katanya sistem dalam dinas itu sudah ada. Sejak zaman Dinas Kesehatan masih bernama Kantor Wilayah Departemen Kesehatan saja katanya sistem ini sudah ada. Namun kenyataannya apakah anda melihat sistem yang telah berjalan berpuluh tahun ini berjalan ? Apakah alur data dari Puskesmas hingga ke Dinas Kesehatan sudah berjalan dengan baik sejauh ini ?

Banyak pertanyaan sebenarnya yang ingin saya utarakan ke teman-teman, mungkin karena dasar pendidikan saya jauh dari garis kesehatan hingga mengakibatkan saya harus banyak bertanya dan belajar. Saat ini saya lebih melihat 75% data di Dinas Kesehatan merujuk pada kebutuhan Pusat saja. Simpulan itu sangat mudah dan menurut pandangan saya sangat realistis. Rasanya Supply anggaran dari Pusat ke Daerahlah yang menjadi dalang semua ini. Dana daerah bukan menjadi favorit dikandang sendiri sehingga pamor APBD saat ini hanya pelengkap saja.

Ini semua berdampak langsung maupun tidak pada kualitas data yang hanya mengakomodir keinginan pusat saja. Apa yang terjadi dengan Pabrik data di Dinas ? Apakah masih dapat memproduksi suatu informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan perencanaan?. Jawabannya mungkin sudah kita ketahui bersama.

Petang tadi saya sempat diskusi bersama Pak Jemmy & Bu Meisy, seputar Master Plan SIKDA. Awalnya dari permintaan saya ke Pak Jemmy untuk menyempurnakan isi dan lampiran SK Tim Penyusun MasterPlan SIKDA. Tiba tiba Ibu Meisy yang kebetulan baru tiba dari pertemuan di aula juga diajak untuk berbicang2 sedikit. Dari diskusi singkat kami ada beberapa point yang saya anggap perlu disikapi lebih lanjut. Pertama, perlu dibentuk tim kecil dalam Subdin/Bidang yang beranggotakan tidak terlalu banyak. Tim ini bertugas untuk merumuskan berbagai hal utamanya alur data masuk dan keluar dalam Subdin/Bagian masing-masing. Selanjutnya tim penyusun dapat menganalisis rumusan tadi sebagai bahan pembanding, sehingga waktu tidak terbuang lebih banyak.

Berikut petikan kata yang saya sadur dari salah satu presentasi Pak Anis “Pengembangan SIKDA merupakan aktivitas yang kompleks, membutuhkan energi, keterbatasan sumberdaya dan berbagai kepentingan. Memerlukan ilmu dan seni manajemen

Semoga niatan kami dapat berjalan, banyak cara menuju suatu perubahan, kendala pasti ada, biasanya kawan-kawan mengistilahkan itu sebagai Proses.

1 Response to “Master Plan SIKDA suatu Proses menuju Perbaikan ?”



  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

