Sistem Informasi Manajemen KIA; Dukungan Dinkes Kab/Kota dan Minat Bidan di Puskesmas

images

Selesai mengikuti peringatan hari Bahari Nasional di Pelataran Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, saya dihubungi Pak Fery Baan, beliau Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak Dinkes Prov Sulteng. Menurut beliau 19/12/2008 di SLVP Labuan Kab. Donggala akan dilaksanakan pelatihan Penggunaan SIMKIA hasil kerjasama Dinkes Prov Sulteng dengan Minat SIMKES UGM. Kebetulan saat itu bersama beliau juga telah hadir Prof. Oslan. Dengan segera saya langsung meluncur ke Gedung II Dinkes Prov Sulteng di Seputaran Jl. Undata palu.

Setiba di tempat beliau, saya coba berdisuksi sedikit seputar pengembangan aplikasi ini. Komitmen besar dari Ferry Baan untuk pengembangan SIM ini, dia juga mengharapkan dalam waktu yang sesegera mungkin aplikasi ini dapat diterapkan di Seluruh Kab/Kota di Sulteng. Namun, saya coba memberikan informasi ke dia bahwa pengembangan hal seperti ini tidak serta merta aplikasi jadi kemudian langsung dapat diterapkan secara total. Ada 3 faktor yang harus dipertimbangkan mengingat aplikasi ini masih seumur jagung.

3 faktor yang perlu diperhatikan yaitu Organisasi, SDM dan Teknologi. Organisasi erat kaitannya dengan Komitmen Dinkes Provinsi sebagai Motifator sekaligus Koordinator, Komitmen Dinkes Kab/Kota dan Jajarannya hingga di Puskesmas. Jejaring komitmen ini harus kita ikat dengan kuat sehingga pelaksanaan dilapangan nanti tidak menjadi suatu beban melaikan suatu kewajiban. Untuk SDM sendiri diperlukan lebih banyak Sosialisasi dalam bentuk pelatihan maupun pembimbingan dengan mendatangi user di Puskesmas serta memberikan Reward bagi daerah yang mampu menyediakan output yang baik. Selanjutnya Teknologi lebih terfokus pada kemudahan penggunaan serta fasilitas penunjang yang tentu aplikasi ini masih perlu perbaikan. Untuk tahun pertama pelaksanaan dan sosialisasi SIMKIA ini memang kita belum bisa berharap terlalu banyak akan pelaksanaan di Kab/Kota. Namun diperlukan usaha yang lebih sehingga Sistem ini dapat diterima di lapangan.

Setelah berdiskusi panjang lebar dengan Pak Fery saya dengan Prof Oslan langsung meluncur ke tempat kerja saya guna berkonsultasi dengan Mas Harmi dan mengajak serta Prof Uteng. Berada diantara Prof Oslan dan Prof Uteng membuat suasana Simkes kembali terasa. Suasana Belajar bersama, tukar fikiran dan debat-debat kecil yang diselingi dengan Upacara di Kuliner tentunya.

Siang itu kami membuat janjian untuk kembali berkumpul malam hari di kediaman Prof Oslan di Seputaran BTN Palupi.  Setelah kesasar 2 kali di BTN Palupi akhirnya saya tiba di Kediaman Prof Oslan, disana sudah ada Prof Uteng menunggu. Diskusi kita mulai dengan mencoba Aplikasi SIMKIA, mencoba entri beberapa record dan menyiapkan materi pendahuluan berupa Pengantar SIK. Berhubung saat itu telah larut malam, Listrik Padam dan kami hanya menggunakan Genset, dengan sangat terpaksa diskusi kami hentikan segera.

Sekitar tanggal  20/12/2008 kami bertiga akan coba mendampingi peserta dari Dinkes Kab/Kota se Sulteng guna memberikan penjelasan dan praktek pengoperasioan SIMKIA. Semoga acara ini dapat berjalan lancar.

*Gambar taut dari sini.

6 Responses to “Sistem Informasi Manajemen KIA; Dukungan Dinkes Kab/Kota dan Minat Bidan di Puskesmas”


  1. 1 Fahrisal Akbar Desember 30, 2008 pukul 5:19 am

    Memang tidak salah ketiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu Organisasi, SDM dan Teknologi…

    Tapi ada atu lagi yang ketinggalan nampaknya….
    Budget juga menjadi faktor penentu dalam berjalannya program aplikasi ini….

    Alo gak ada aggaran, bagaimana bisa….aplikasi ini akan lanjuuutttt
    He….

  2. 2 Tiya Januari 9, 2009 pukul 5:59 am

    Salam kenak bro
    SIMKIA itu sendiri apa,fungsinya buat nakes/si pasien,maksud&7an nya apa?sy kok gak tau🙂

  3. 3 andi April 10, 2009 pukul 4:35 am

    apa program dari Sistem Informasi Manajemen KIA

  4. 4 Lian Juli 14, 2009 pukul 2:59 am

    ass.bisa ga di jelaskn ttg program SIMKIA,kbtln sy bekerja didinkes seksi KIA,apakah ada sofware khusus tuk data KIA?trims.

  5. 5 Informasi Kesehatan September 23, 2013 pukul 4:04 am

    ikutan jika ada program barunya dong


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: