Seminar Pengembangan SIKDA di Yogya memanfaatkan Videoconference : “efisien”

Selasa, 9 Desember 2008, Dinas Kesehatan Prov DI Yogyakarta bekerjasama dengan Minat SIMKES UGM Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Pengembangan SIKDA. Pada seminar itu memanfaatkan salah satu fasilitas SIKNAS online Depkes RI, yaitu videoconference yang melibatkan tiga provinsi, yaitu Dinkes Prov Di Yogyakarta, Dinkes Prov. Sulsel, Dinkes Prov. Sulteng yang dikendalikan oleh Pusdatin Depkes RI (5 jendela video terbuka sekaligus).

Penyelenggaraan seminar tersebut sangat efisien, Bapak DR. Bambang Hartono, M.Sc presentasi di Pusdatin Depkes RI tidak perlu ke Yogyakarta, tapi dapat disaksikan oleh peserta seminar di Dinkes Prov. DI Yogyakarta, bahkan dapat pula disaksikan di Dinkes Prov. Sulsel dan Sulteng secara bersamaan. Bukan hanya disaksikan, tetapi terlibat diskusi. Begitupun presentasi Prof. Hari Kusnanto, Prof. Laksono dan Pak Anis dilaksanakan di Dinkes yogyakarta, tetapi dapat dasaksikan oleh Kepala Pusdatin Depkes RI bersama para Kepala Bidangnya, begitupun dengan tim Datinkes Sulsel dan Sulteng, tidak harus ke Yogya, tetapi dapat mengikuti seminar tersebut. Lumayan….. berapa anggaran yang diefisiensi ??

Pikiran saya ke depan, perjalanan dinas narasumber tidak perlu dianggarkan lagi. Untuk apa ? Sekarang saja, presentase diJakarta/ Yogya dapat kami saksikan/ dengarkan di Makassar. Cukup honor narasumber saja yang perlu disiapkan oleh penyelenggara. Begitupun konsultasi provinsi ke pusat tidak perlu lagi ke Jakarta, pakai videoconference saja. Efisiensi anggaran…….Siapa yang setuju, siapa yang tidak setuju ? Silahkan komentar.

12 Responses to “Seminar Pengembangan SIKDA di Yogya memanfaatkan Videoconference : “efisien””


  1. 1 Chandra Desember 9, 2008 pukul 3:34 pm

    Setuju, Kayaknya Honor narasumber itu juga yg membuat anggaran membengkak bayak dana yang seharusnya dipakai untuk keperluan lain terpakai habis dengan transport/lumpsum/honor pemateri pusat.

    Kiranya Dinkes Prov/Kab/Kota dapat difikirkan kedepan penggunaan Fasilitas ini. Semoga acara seperti ini dapat berkelanjutan di waktu mendatang. Kami menyambut sangat positif.

  2. 2 anis Desember 9, 2008 pukul 9:52 pm

    Simkes sangat concern dengan seperti ini. Memang masih ada kelemahan. Bandwidthnya ternyata masih rendah, hanya 256. Padahal semestinya 512 kbps. Kualitas suara dan gambar sempat menurun. Di Jogja ada beberapa masalah teknis. Ruangan yang memang tidak mendukung. Setting videoconference juga belum diatur dengan baik. Pak Bondan (kadinkes DIY) juga nampak senang dengan inisiatif ini. Pak Laksono bahkan bersedia membantu Dinkes Provinsi untuk merehab ruangan agar bisa lebih. Memang idealnya dari UGM langsung bisa melakukan seminar semacam ini melalui jaringan SIKNAS Online. Kami akan mencoba berkomunikasi dengan UGM maupun jaringan Patrakom. Saya berharap pada tahun 2009, Dinkes Prov bekerjasama dengan UGM bisa menyelenggarakan seminar video conference yang dibroadcast ke provinsi yang berminat. Kemarin memang ujicoba. Ada beberapa keterbatasan dan kelemahan. Itulah pentingnya ujicoba. Nanti kita bikin lebih baik di kemudian hari.

  3. 3 sudarianto Desember 10, 2008 pukul 9:45 am

    Amin……
    Boleh nggak pak Anis, pada waktu presentase menggunakan neet meeting, sehingga materi langsung dapat kami lihat di komputer kami.

  4. 4 anis Desember 10, 2008 pukul 11:09 am

    Kemarin sebenarnya mau diset seperti itu, tetapi server komputer lokal tidak memungkinkan. Ada fasilitas di policycom utk sharing presentasi sebenarnya. Pusdatin juga mencoba tetapi gak bisa. Nanti kita coba lagi, saya setuju nanti perlu diujicoba. Mungkin bisa ditanyakan ke customer support dari Patrakom agar utk sesi berikutnya bisa berjalan lancar.

  5. 5 Fahrisal Akbar Desember 30, 2008 pukul 5:22 am

    Mas….kira2 berapa ya harga ni alat????

  6. 6 sudarianto Desember 30, 2008 pukul 5:39 am

    Harga alat videoconference berkisar 10 jutaan tambah sewa jaringan (bayar pertahun), kira-kira 3 perjalanan dinas Sulawesi-Jakarta. Coba kalau seperdua perjalanan daerah pusat di Indonesia diperuntukkan untuk peralatan ini, mungkin tidak perlu sewa lagi, beli…………

  7. 7 sudarianto Desember 30, 2008 pukul 5:49 am

    Tahu tidak berapa presentase biaya perjalanan dinas daerah ke pusat/ pusat ke daerah bidang kesehatan pertahun di Indonesia ? Mari kita sama2 mencari tahu ya. Tetapi pada akhir tahun, orang daerah/ pusat terkadang pusing menghabiskan biaya perjalanan. Mau ke mana lagi ya ???
    Saya pernah mendapat surat dan telepon dari pusat, supaya mereka diundang ke provinsi sebagai bahan untuk menggunakan biaya perjalanan dinasnya. Kata mereka :” Undang kami mas, tidak usah tanggung perjalanan kami, biaya perjalanan kami banyak……………”.

  8. 8 Fahrisal Akbar Desember 30, 2008 pukul 6:06 am

    Wah, sampek segituenya ya….
    Cape dech….

  9. 9 Fahrisal Akbar Desember 30, 2008 pukul 6:08 am

    Mendingan dananya kita gunakan untuk makan2 bersama seluruh anak2 simkes mulai dari angkatan 2006, 2007 dan 2008….

    Hitung2 sambil reuni semuanya….He….

  10. 10 sudarianto Desember 30, 2008 pukul 8:57 am

    Kalau itu sih, cukup kumpul2 uang saja sudah bisa…..
    Gitu aja koq repot.

  11. 11 wyga agung November 10, 2009 pukul 3:33 am

    Rental Multimedia ( Lcd Projector , Screen buill up , Tv plasma , documentasi shooting n foto, dll )..Terlengkap …Hubungi : 08574 2200 515 ( wyga )
    Emil: wyga_agung@yahoo.co.id


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: