Tinjauan Pengelolaan dan Pemanfaatan Situs Web Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Tahun 2007

Intisari

Solihin, Hari Kusnanto, Lutfan Lazuardi

 

Latar belakang: Kewajiban penyebaran informasi kepada masyarakat merupakan salah satu tugas pemerintah yang merupakan tahap pertama dari tingkatan layanan e-government. Untuk menjawab tantangan pengembangan e-government tersebut serta menerapkan suatu sistem information sharing kesehatan masyarakat di Kota Balikpapan pada awal 2007 diluncurkan penggunaan situs web. Keberhasilan peluncuran situs web tersebut tentunya sangat tergantung pada bagaimana pengelolaan dan pemanfaatan situs web Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Solihin & Pak Lutfan

Solihin & Pak Lutfan

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pemanfaatan situs web dkk-bpp.com oleh Manajemen dan pengguna internal.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan studi kasus, hasil penelitian disajikan secara deskriptif. Subjek penelitian yaitu web admin, manajemen dinas kesehatan, manajemen Puskesmas, pengguna dinas kesehatan dan Puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan jalan melakukan observasi terhadap situs web dkk-bpp.com, wawancara mendalam, penyebaran kuesioner dan check list penilaian kualitas situs web, serta pegumpulan data sekunder yang behubungan dengan pengembangan situs web dkk-bpp.com.

Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa situs web dkk-bpp.com dibangun oleh tenaga yang cukup menguasai teknologi pembuatan situs, tetapi tanpa ada perencanaan, tidak ada deskripsi tujuan situs, tidak ada struktur organisasi pengelola, serta pengelola merasa kurang mendapat dukungan pimpinan.Penelitian ini juga menemukan bahwa Manajemen dan pengguna internal Dinas Kesehatan Kota Balikpapan merasa kualitas situs web dkk-bpp.com sudah cukup baik, demikian juga dengan kualitas informasi situs tersebut. Pendapat manajemen dan pengguna bahwa situs dan informasinya sudah bagus, belum diimbangi dengan pemanfaatan, ternyata situs kurang dimanfaatkan oleh manajemen dan pengguna internal.

Kesimpulan: Dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan sistem informasi, termasuk situs web sebagai sarana information sharing oleh tenaga yang menguasai teknologi informasi dapat menghasilkan kualitas situs dan informasi yang baik, tetapi bila tidak didukung oleh faktor pengelolaan akan menyebabkan sistem tersebut tidak dimanfaatkan oleh pengguna.

Kata Kunci: situs-web, information sharing, pengelolaan, pengguna,

3 Responses to “Tinjauan Pengelolaan dan Pemanfaatan Situs Web Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Tahun 2007”


  1. 1 konsultasi kesehatan November 17, 2008 pukul 7:18 am

    saya setuju, sebagai warga Balikpapan, webmaster situs tsb, updatenya rutin. Biasanya web sejenis abis dilaunching..ya abis . Selamat ya…

  2. 2 adib Desember 15, 2008 pukul 2:44 am

    good….good…. pesen mbah, jangan lupa:
    > materi diupdate ya….
    > web dievaluasi berkala ya….
    > motivasi pengelola web dijaga ya… penghargaan, honor de el el
    > pertemuan rutin pengelola web…
    > satu lagi, cari satu atau dua orang menjadi seperti wartawan (pencari berita)


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: