Pengembangan Situs Web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah

Intisari

Chandra, Haryanto, Anis Fuad

Latar belakang: Dengan perkembangan teknologi saat ini, mengembangkan situs web sangat mudah dilakukan. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana membuat informasi yang disajikan dapat dikelola secara berkelanjutan, bagaimana melibatkan stakeholder yang ada serta bagaimana menjaga kesesuaian informasi yang disediakan. Untuk itu, penelitan ini mencoba mengeksplorasi bagaimana proses pengembangan situs web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dengan melibatkan partisipasi para pengguna dalam perancangan situs web.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan stakeholder Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah terhadap situs web baik bentuk, isi, maupun desainnya serta langkah pengembangannya.

.. ehm ..

.. ehm ..

Metode: Penelitian ini merupakan action reaserch untuk membuat prototipe situs web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. 14 stakeholder yang terkait dengan keberadaan situs web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, telaah dokumen, wawancara, dan diskusi kelompok.

Hasil Penelitian: Pengembangan situs web ini dimulai dengan identifikasi kebutuhan stakeholder. Partisipan pada penelitian sebanyak 14 orang, 4 orang diantaranya mengikuti penelitian ini hingga proses pembelajaran. Stakeholder membutuhkan informasi seputar pelaksanaan kegiatan di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah kebutuhan stakeholder diketahui proses pengembangan situs web dilanjutkan dengan pembuatan desain, penerapan situs web dan melaksanakan evaluasi. Evaluasi dilaksanaan terhadap pemanfaatan, kemudahan dan kelengkapan situs. Penelitian ini berakhir setelah dilaksanakan pembelajaran guna mengetahui pendapat pengguna terhadap proses pengembangan situs web ini.

Kesimpulan: Metode action research sesuai untuk pengembangan situs web. Isi maupun desain situs web ini telah disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Proses perancangan dan pengembangan dimulai dari indentifikasi kebutuhan, pembuatan desain, penerapan situs web, melaksanakan evaluasi dan pembelajaran. Agar informasi yang disajikan dapat dikelola berkelanjutan dukungan organisasi sebaiknya lebih ditingkatkan, khususnya kerjasama lintas program serta peningkatkan pengetahuan pengelola.
Kata kunci: website, pemgembangan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah

4 Responses to “Pengembangan Situs Web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah”


  1. 1 admin jaket-kulit November 19, 2008 pukul 11:54 pm

    Sukses deh dengan web Dinasnya…moga aja pelayanan kesehatannya menjadi lebih baik…!!!

  2. 2 The F.U Juni 24, 2012 pukul 10:35 am

    Ass.Kum
    p’ bisa liat g’ sperti apa situs web yg tlah di buat itu…????
    Wassalam…

  3. 3 Chandra Saja September 4, 2012 pukul 12:37 am

    Wslm, maaf saat ini situs web yg pernah sy buat telah di upgrade menggunakan cms yg berbeda.

  4. 4 badut Desember 30, 2012 pukul 2:00 am

    sukses ya dengan dinasnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: