Pengembangan Sistem Pelaporan Cepat PWS Kejadian Luar Biasa Berbasis SMS di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan

Intisari

Maulidin Noor, Hari Purnomo, Anis Fuad

Latar belakang: Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, KLB penyakit akan memperbesar peningkatkan angka kesakitan dan kematian , disamping juga berdampak pada pariwisata, ekonomi dan sosial. Salah satu sistem pelaporan surveilans yang digunakan di puskesmas untuk kewaspadaan dini penyakit adalah format laporan pemantauan wilayah setempat kejadian luar biasa, Kabupaten Banjar dengan jumlah desa 288, 16 kecamatan dan 23 buah puskesmas pengiriman laporan masih bermasalah, terutama untuk ketepatan dan kelengkapannya.

Mr. Mol

Mr. Mol

Tujuan: Penelitian ini bertujuan bagaimana agar pelaporan PWS KLB di Kabupaten Banjar tepat waktu serta terjamin kelengkapannya,sehingga dapat digunakan untuk sistem kewaspadaan dini kejadian luar biasa penyakit.

Metode: Penelitian ini bersifat deskriftif-kualitatif melalui pendekatan action research. Unit analisis adalah pengelola program surveilans puskesmas, petugas fungsional epidemiologi kabupaten, Kasubdin P2M dan Kasie. Surveilans, informasi didapatkan melalui telaah dokumen, pengamatan, dan wawancara, informasi dianalisis dengan teknik kualitatif menurut tahapan action research.

Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa dengan sistem pelaporan manual yang selama ini dipakai di puskesmas, maka tingkat kelengkapan laporan dan ketepatan waktu penyampaian laporan ke dinas kesehatan kabupaten masih bermasalah (di bawah target).

Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pelaporan berbasis SMS dapat meningkatkan mutu dan kualitas laporan, ketepatan waktu, kelengkapan laporan ,efisiensi biaya dan keamanan data akan lebih terjamin dan juga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna di puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten.

Kata Kunci: PWS, kejadian luar biasa, pelaporan cepat, SMS

2 Responses to “Pengembangan Sistem Pelaporan Cepat PWS Kejadian Luar Biasa Berbasis SMS di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan”


  1. 1 agus sukoco November 21, 2008 pukul 7:57 am

    hasil laporannya? dimana?


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: