Pengembangan Database Sarana Pelayanan Kesehatan dan Tenaga Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Buton

Mbak Yanti

Mbak Yanti

Intisari

Rasdiyanti, Hari Kusnanto, Anis Fuad

 

Latar belakang: Pengembangan sistem informasi ditujukan untuk mendukung ketersediaan data dan informasi bagi manajemen kesehatan, pelaksana pelayanan serta pengembangan jaringan informasi yang bersifat komprehensif. Pemerataan tenaga kesehatan ditunjang dengan tersedianya sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang merupakan faktor utama untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Kurangnya sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan masih merupakan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Buton, terutama pada daerah terpencil.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan database sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan yang berbasis komputer untuk mengurangi duplikasi dan fragmentasi data sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Buton.

Metode: Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan action research. Kolaborasi peneliti dan subyek penelitian diperlukan untuk mengembangkan database sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan yang sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna. Data dan Informasi diperoleh dengan melakukan telaah dokumen, wawancara mendalam dan pengamatan.

Hasil: Pengembangan database ini menghasilkan 93 tabel/entitas yang terdiri dari 26 tabel data, 37 subset tabel, 1 join tabel dan 29 tabel validasi. Implementasi struktur database secara sederhana dilaksanakan menggunakan database MySQL untuk mengetahui kelengkapan dan akurasi data, kecepatan mendapat informasi serta kemudahan input dan akses data.

Kesimpulan: Harapan pengguna implementasi database MySQL akan dapat membantu pengkajian untuk perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan, menunjang pelaksanaan tugas, mendukung kegiatan perencanaan program serta tersedianya bankdata sarana pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan.

Kata Kunci: database, pengguna, MySQL, kesehatan, pelayanan

5 Responses to “Pengembangan Database Sarana Pelayanan Kesehatan dan Tenaga Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Buton”


  1. 1 dodo Januari 16, 2009 pukul 3:04 am

    ass
    kalo diperkenankan saya ingin mendapatkan informasi detail mengenai sistem database yang digunakan untuk saya kembangkan dalam tesis saya. boleh tau alamat email ibu?

  2. 2 Chandra Januari 16, 2009 pukul 5:04 am

    Mas dodo : Kebetulan mbak yanti nya belum jawab, kayaknya kalo tidak salah email Mbak Yanti : yanti_btn (at) yahoo (dot) co (dot) id.

  3. 3 andy hariyadi Januari 19, 2009 pukul 1:11 pm

    ibu karya ilmiahnya cukup bagus mohon dikembangkan dengan baik, agar menjadi penulis yang handal dan berkompeten, okay

  4. 4 yanti Maret 17, 2009 pukul 4:16 am

    Ass. salam kenal buat mas dodo dan mas andy
    mas dodo.. maaf baru sempat baca, tp alamat emailnya sdh dijawab chandra, thanks chan…
    buat mas andy.. thanks atas supportnya, sy masih taraf belajar..


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:01 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: