Analisis Kebutuhan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework Zachman di Akademi Keperawatan Muara Bungo

Intisari

Rahmad Fitrie, Eko Nugroho, Anis Fuad

Latar belakang:Perkembangan teknologi informasi bidang pendidikan saat ini memungkinkan untuk melakukan aktivitas akademik secara online. Dalam rangka mendorong dan memfasilitasi perguruan tinggi yang ingin mengembangkan teknologi sistem informasi komputer, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) telah membangun suatu jaringan komputer antar perguruan tinggi yang dinamakan INHERENT (Indonesia Higher Education Research Network). Saat ini Akademi Perawat Muara Bungo, sebagai penyelenggara jenjang pendidikan tinggi tenaga kesehatan, belum memiliki sistem informasi komputer yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Maka dari itu, analisis kebutuhan sistem informasi sangat perlu dilakukan di Akper ini. Kerangka kerja Zachman dipilih sebagai kerangka kerja analisis kebutuhan ini karena dapat melihat permasalahan bisnis dalam pengembangan sistem informasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembagan sistem informasi akademik yang mendukung strategi pengembangan sistem informasi akademik sesuai kebutuhan pengguna/stakeholder di Akper Muara Bungo.rahmad

Metode: Penelitian ini bersifat kualitatif eksploratif untuk menggali secara mendalam kebutuhan pengguna dan stakeholder dalam membangun sistem informasi akademik.

Hasil: Hasil analisis ruang lingkup perencanaan, sistem informasi akademik dirancang untuk pengolahan data mahasiswa, data dosen, pengelolaan jadwal kuliah, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), pengolahan Kartu Hasil Studi (KRS) dan pengelolaan transkrip nilai serta pengelolaan data alumni. Sistem dapat digunakan oleh semua pengguna melalui jaringan komputer terintegrasi dengan jaringan Local Area Network (LAN). Sistem terbagi menjadi tiga bagian yaitu sistem yang dapat digunakan oleh staf administrasi akademik, dosen dan juga mahasiswa. Model bisnis yang diterapkan adalah dengan mengekplorasi struktur organisasi Akper Muara Bungo. Perancangan model sistem menggunakan model diagram hubungan entitas (Entity Relationship Diagram (ERD)), dan diagram aliran data sistem informasi akademik Akper Muara Bungo.

Kesimpulan: Sistem informasi akademik yang dirancang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola dan mengolah data akademik. Pengembangan sistem informasi akademik tidak dapat dilepaskan dari kepentingan – kepentingan pengguna dan stakeholder yang terlibat dalam implementasi.

Kata kunci: kerangka kerja Zachman, sudut pandang, rencana strategis, sistem informasi akademik.

6 Responses to “Analisis Kebutuhan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework Zachman di Akademi Keperawatan Muara Bungo”


  1. 1 nina Juni 30, 2009 pukul 9:05 am

    saya tertarik membaca postingan tentang SIA ini.
    apakah saya boleh minta perancangan sistem dan implementasi nya?

    makasih

    Amir

  2. 2 Prince_yankee Agustus 25, 2009 pukul 9:17 am

    Permisi,,numpank lewat🙂

  3. 3 Rahmat Miftahul Habib September 12, 2009 pukul 5:46 am

    kalau boleh pengin yang lebih detil
    bagaimana dengan e-learning nya ?

    tks

  4. 4 baim Desember 18, 2010 pukul 1:39 pm

    itu memang bagus menurut saya tapi ini semua kembali kepada kita apakah bisa diterapkan atau tidak.

  5. 5 jamaludin September 20, 2011 pukul 11:10 am

    Buat Tim riset bisa minta tolong hasil penelitiannya dipublikasikan atau minta dikirimkan ke email j3ml4s@gmail.com

    supaya bisa dijadikan referensi ..terimakasi sebelumnya


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:01 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: