=Pengembangan Teknologi Informasi menurut Roadmap e- Gov=

Pengembangan teknologi informasi di institusi pemerintahan haruslah dilihat sebagai bagian dari konsep besar perubahan dan menyesuaikannya dengan perubahan visi dalam organisasi, oleh karena itu pembangunan, pengembangan, implementasi dan operasionalisasi teknolgi informasi perlu dilakukan dengan tahapan yang sistematis. Pentahapan penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan menurut Model Roadmap e-Gov seperti pada gambar berikut ini :

Tahap

Persiapan

Tahap

Inisiasi

Tahap

Interaksi

Tahap

Transaksi

Tahap Pelayanan

Aplikasi

Infrastruktur

Pengorgani-

Sasian

Konsepsi/ Pengaturan

Budaya organisasi

Gambar

Struktur Model Roadmap e- Government

Dua lapisan awal (aplikasi dan infrastruktur) merupakan lapisan yang sifatnya teknis penerapan teknologi informasi, sedangkan tiga lapisan berikutnya (pengorganisasian, pengaturan dan budaya organisasi) merupakan lapisan pada tataran non teknis, yaitu tentang pengelolaan manajerial organisasi beserta hal-hal yang menjadi dasar pengaturannya. Model pentahapan Roadmap e-Gov dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Tahap Persiapan

a. Mulai melaksanakan sosialisasi dan menetapkan langkah-langkah kebijakan strategis guna melakukan migrasi budaya organisasi yang mengarah kepada terbentuknya budaya pengetahuan digital, budaya komunikasi digital, budaya koordinasi digital, dan budaya pelayanan digital.

b. Tersedianya Personal Computer (PC) stay alone yang digunakan aktif untuk pekerjaan administratif biasa seperti pengetikan dokumen surat menyurat, penyusunan laporan, atau pekerjaan mentabulasikan perhitungan numerik biasa.

c. Dimulai konsepsi pengetahuan dalam bentuk penetapan pengelolaan teknologi informasi yang akan mendefinisikan kewenangan institusi dan perorangan dalam fungsi perencanaan, pengendalian, pelaksanaan pengelola (sistem aplikasi dan muatan informasi).

d. Dirumuskan rencana induk (masterplan) pembangunan teknologi informasi, untuk lingkup internal institusi.

e. Pada tahapan ini juga perlu mendefinisikan aplikasi apa saja yang dibutuhkan, bagaimana urutan dan prioritasnya serta menetapkan langkah-langkah pelaksanaannya.

2. Tahap Inisiasi

a. Ditetapkan mengenai kejelasan pengelolaan teknologi informasi, mekanisme pembangunan produk teknologi informasi serta arah pengembangan.

b. Dibangun Local Area Network (LAN) yang dimanfaatkan untuk aplikasi komunikasi elektronik sederhana; dalam bentuk pengiriman e-mail serta sharing file serta memungkinkan akses sederhana dengan fasilitas minimal, misalnya berlangganan secara dial-up.

c. Membuat situs web untuk memulai memperkenalkan layanan informasi kepada publik, dengan mulai membentuk tim yang bertangung jawab untuk mengelola muatan informasi pada situs web.

d. Pada tahapan inisiasi perlu diupayakan langkah-langkah kongkrit untuk mengkondisikan organisasi agar mengarah pada organisasi pengetahuan digital, yaitu melaksanakan pelatihan bagi aparatur untuk memanfaatkan teknologi informasi agar dapat meningkatkan kompetensi aparatur dalam penggunaan sarana komunikasi digital dan sistem dokumentasi elektronik.

3. Tahap Interaksi

a. Pada tahap ini dilakukan penyebarluasan informasi kepada publik dari single area connectivity ke Wide Area Network (WAN) dan ditindaklanjuti dengan membentuk tim koordinasi pengelolaan WAN.

b. Aplikasi-aplikasi yang diperkenalkan pada tataran ini pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan interaksi informasi digital dalam bentuk peningkatan fasilitas komunikasi, sistem pengarsipan digital dan kolaborasi elektronik sebagai sarana koordinasi dan pertukaran informasi yang selanjutnya dapat juga ditindaklanjuti dengan pembentukan intranet web portal lokal instansi. Memerlukan tim pengelola teknis dan juga tim yang mengisi secara aktif muatan informasi.

c. Dilakukan rancangan arsitektur informasi yang memungkinkan terintegrasinya antar instansi.

d. Tahapan ini disiapkan untuk mengarah pada budaya organisasi komunikasi digital yaitu melaksanakan langkah-langkah kongkrit dalam sharing data dan informasi antar bagian serta terbentuknya budaya kolaborasi secara online antar aparatur.

4. Tahap Transaksi

a. Rancangan arsitektur informasi akan dimungkinkan untuk dilakukan mekanisme integrasi data, serta penetapan format data lintas instansi yang memungkinkan dilakukannya transaksi data antar instansi. Standarisasi juga perlu dilakukan terhadap situs web untuk membentuk keseragaman pola dengan arahan terintegrasinya situs-situs tersebut dalam satu portal informasi pemerintah. Keberadaan standar-standar perlu membentuk tim standarisasi aplikasi.

b. Dengan berpedoman pada dokumen arsitektur aplikasi, standarisasi aplikasi sitem informasi dan panduan format data lintas instansi, maka tim akan membangun sistem informasi dan basis data lokal yang memenuhi standar.

c. Pada tahap ini akan memungkinkan melakukan akses informasi antar instansi secara terpusat. Keberadaan sistem integrasi ini mulai dimungkinkan untuk membuat sistem informasi eksekutif bagi puncak pimpinan pemerintah daerah dan jajaran pimpinan yang lain.

d. Memerlukan server integrasi dan tim pengelola sistem informasi terintegrasi.

e. Tahapan ini disiapkan pada budaya koordinasi digital yang menuntut manajemen perubahan secara reaktif.

5. Tahap transfomasi (pelayanan)

a. Dimulai perancangan arsitektur pelayanan.

b. Pada tahap ini perlu ditingkatkan kualitas jaringan komunikasi dengan melakukan penjaminan ketersediaannya dengan mempersiapkan rencana-rencana kontingensi dan mekanisme-mekanisme cadangan bila terjadi kegagalan sistem.

c. Organisasi disiapkan pada tahap budaya pelayanan digital yang menuntut manajemen mengarah pada kepuasan konsumen.

d. Dalam tahapan ini aparatur pelayanan publik secara online dituntut memiliki responsibilitas yang tinggi sehingga pelayanan dari aparatur dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat.

Sumber BPSITD jawabarat, By OM Dino

3 Responses to “=Pengembangan Teknologi Informasi menurut Roadmap e- Gov=”


  1. 1 Rizal Oktober 31, 2009 pukul 3:43 pm

    Mohon info, sumber asli tulisan ini (nama penulis dan lainnya) untuk dipakai sebagai salah satu kutipan/referensi. Terima kasih.

  2. 2 capchoose September 1, 2011 pukul 4:15 am

    Nice and great article, sangat membantu sekali dalam mendapatkan informasi yang bermanfaat. Sukses selalu untuk pemilik web atau blog ini. sip ….


  1. 1 Belajar Wordpress « Alfiannet’s Blog Lacak balik pada Januari 18, 2009 pukul 10:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: