PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMKA) BERBASIS OPEN SOURCE DI DINAS KESEHATAN KOTA PARIAMAN TAHUN 2007

Keyword:Sistem Informasi, Kepegawaian, Prototipe
Publish date: Net Blankon, 03 Mei 2008
Author: Jelita Alamsyah, SKM

Latar belakang: Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pariaman adalah salah satu wilayah administratif yang penting dalam mendukung mutu pelayanan kesehatan. Permasalahan yang ditemui selama ini adalah pencatatan pegawai dan tenaga kesehatan masih secara manual dan masih bersifat konvensional, pemerintah telah memberikan software SIMKA secara cuma-cuma, komputerisasi belum diterapkan. Hal ini disebabkan oleh karena sistem tersebut tidak open source sehingga sulit untuk diperbaharui atau dimutakhirkan dan disamping itu belum ada tenaga yang dilatih untuk mengoperasikan sistem tersebut. Adanya keluhan dari pegawai tentang kenaikan pangkat, data pegawai yang tidak mutakhir dan tidak lengkap untuk monitoring informasi kepegawaian. Oleh karena itu dengan adanya penerapan SIMKA berbasis open source ini diharapkan dapat membantu dalam memantau potensi sumber daya manusia/pegawai di wilayah kerjanya.
Tujuan:Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi manajemen kepegawaian di Dinas Kesehatan Kota Pariaman untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas manajerial dan memperbaiki kualitas dalam pengambilan keputusan yang meliputi: menilai kebutuhan, membuat rancangan prototipe dan penerapan rancangan prototipe serta evaluasi rancangan prototipe sistem informasi dan manajemen kepegawaian.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian action research. Rancangan penelitian dipilih karena akan menggali secara mendalam mengenai kebutuhan informasi yang akan dianalisis, ditampilkan serta disepakati senabagai rancangan sistem informasi kepegawaian.
Hasil: Hasil penelitian dari sistem informasi kepegawaian menunjukkan data dasar yang terpadu dan menyeluruh untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang lengkap dan menyeluruh. Setelah prototipe ini diaplikasikan, timbul respons yang positif bagi tenaga pengelola kepegawaian dan unsur terkait karena semua data pegawai dapat terakses dengan mudah dan cepat. Analisis terhadap kebutuhan dapat memberi solusi terhadap masalah yang ada di bagian kepegawaian. Prototipe dinilai banyak memberikan perubahan pada pengolahan data yaitu waktu yang dibutuhkan lebih singkat, data yang dibutuhkan tidak terbatas, proses pencarian data sangat singkat, penyimpanan data teratur serta tidak butuh banyak tempat untuk penyimpanan data.
Kesimpulan: Prototipe menggunakan teknologi modern meningkatkan kegiatan monitoring kepegawaian dan keefektifan dalam pengunaan sistem karena sistem yang dapat diterapkan di DKK Pariaman. Perlu adanya pemeliharaan untuk keberlangsungan sistem yang diterapkan.

Ch ..

2 Responses to “PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMKA) BERBASIS OPEN SOURCE DI DINAS KESEHATAN KOTA PARIAMAN TAHUN 2007”


  1. 1 rina Juli 15, 2008 pukul 6:46 am

    Bagus sekali inti pemikiran yang tertuang dalam penelitaian ini…saya sangat tertarik dengan penelitian ini, boleh tahu gaak alamat lengkap penulis aslinya?

    [chandra] say : Silahkan Anda Hubungi beliau di :
    Penulis : Jelita Alamsyah, SKM Uni Jel
    Kantor : Dinas Kesehatan Kota Pariaman Sumatera Barat
    Email : rifjelita [at] yahoo [dot] co [dot] id


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: