DISTRIBUSI SPASIAL KASUS GIZI BURUK DAN GIZI KURANG PADA BALITA DI KECAMATAN MAPAT TUNGGUL KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2007

Keyword:Distribusi spasial kasus gizi buruk dan gizi kurang di Kabupaten Pasaman
Publish date: Net Blankon, 03 Mei 2008
Author: Yose Rizal, SKM

Latar Belakang: Angka kejadian gizi kurang dan gizi buruk di Kabupaten Pasaman mencapai 17,6% pada tahun 2006. Prevalensi gizi kurang dan gizi buruk paling tinggi ditemukan di Kecamatan Mapat Tunggul, yakni 27,4 %. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan angka 15,6% di Propinsi Sumatera Barat dan angka nasional sebesar 8,5%. Untuk mengatasi persoalan gizi tersebut perlu dipahami faktor – faktor risiko berkaitan dengan karakteristik keluarga dan distribusi spasial tempat tinggal keluarga yang menderita gizi kurang dan gizi buruk
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor–faktor risiko penderita gizi kurang dan gizi buruk dengan pemahaman tentang distribusi spasial untuk mengidentifikasi pengelompokan (Clustering) kerawanan kurang gizi, berkaitan dengan topografi wilayah dan produktivitas lahan pertanian.
Metode: Penelitian survei cross sectional dilaksanakan di Kecamatan Mapat Tunggul dengan sampel para balita dengan gizi kurang dan gizi buruk. Data variabel bebas yang dikumpulkan adalah tingkat pendidikan kepala keluarga, pekerjaan kepala keluarga, pendapatan kepala keluarga, jumlah anggota keluarga, dan jarak tempat tinggal dengan fasilitas kesehatan. Lokasi tempat tinggal subjek penelitian ditentukan dengan GPS (Global Positioning System).
Hasil: Pola penyebaran kasus gizi buruk dan gizi kurang terbanyak berada di wilayah kenagarian yang memiliki lahan pertanian terbatas, akses ke fasilitas pelayanan yang lebih dari 9 km serta jauh dari pusat wilayah kecamatan. Menurut data yang dikumpulkan, 81,4% pemanfaatan lahan pertanian kurang, 79,4% jarak tempat tinggal subjek jauh dari fasilitas kesehatan, 71,6 % pendidikan orang tua balita hanya tingkat SD, 80,4%orang tua balita adalah petani, dan 94,6 % pendapatan orang tua balita kurang Rp 1.000.000,00. Hasil tes chi square menunjukkan adanya hubungan antara pemanfaatan lahan pertanian, jarak fasilitas kesehatan pendidikan dan pekerjaan orang tua balita dengan kasus gizi buruk dan gizi kurang di Kecamatan Mapat Tunggul Tahun 2007. Pendapatan orang tua balita tidak berhubungan dengan kasus gizi buruk dan gizi kurang.
Kesimpulan: Pola penyebaran kasus gizi buruk dan gizi kurang adalah pada wilayah dengan lahan pertanian terbatas serta akses yang kurang terhadap pelayanan kesehatan. Selain itu, lahan pertanian, jarak fasilitas kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan orang tua balita berhubungan dengan kasus gizi buruk dan gizi kurang di Kecamatan Mapat Tunggul tahun 2007, sedangkan pendapatan orang tua balita tidak berhubungan dengan kasus gizi buruk dan gizi kurang.

5 Responses to “DISTRIBUSI SPASIAL KASUS GIZI BURUK DAN GIZI KURANG PADA BALITA DI KECAMATAN MAPAT TUNGGUL KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2007”


  1. 1 ceril Agustus 19, 2008 pukul 6:48 am

    bagi kuesioner untuk survei tentang gizi buruk yang telah dilakukan itu donk!!!!thankz ya…
    kirim ke cer_long@yahoo.co.id

  2. 2 ikhtiyarudin April 6, 2009 pukul 8:25 am

    tank yo…………….. masalah gizi kita harus dapat menjelaskan antara kekurangan gizi dan gizi buruk, agar peneltian terhadap sampel beber akurat……………………..

  3. 3 iwan Juni 18, 2009 pukul 2:33 am

    sayang yaa…..uda miskin menderita penyakit gii

  4. 4 riko Februari 21, 2010 pukul 9:16 am

    urang mapattunggul tu da masih banyak yg perlu bantuan..banyak anak2 yg kurang gizi..oleh karna itu mohon pejabat kesehatan setempat tinjau ulang kembali.


  1. 1 Recent Links Tagged With "blankon" - JabberTags Lacak balik pada Desember 5, 2008 pukul 10:19 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: