Instalasi SIKNAS ONLINE di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah

Postingan berikut ini serupa dengan postingan saya di Weblog Tempat Kerja Saya, sengaja postingan ini saya tembuskan di Weblog Simkes06, saya sengaja pula membuat beberapa tulisan pendek seperti ini dengan tujuan agar teman-teman dapat tergugah untuk menulis di Weblog ini, semoga tulisan ini bisa dijadikan wacana diskusi dengan teman-teman sekalian.

Informasi Kesehatan Nasional On line (SIKNAS ONLINE) yang digawangi oleh Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan RI saat telah meranah hampir 70% dari rencana tahun 2007 sebesar 80% Kab/Kota dan 100% Provinsi. Hal ini ditandai dengan telah berdatangan Paket Hardware dan Fasilitas lain pendukung SIKNAS ONLINE tersebut.

Di Provinsi Sulawesi Tengah khususnya pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pemasangan jaringan SIKNAS ONLINE saat dalam proses pengaturan instalasi jaringan dengan menyediakan Workstation ke Sub Dinas Bina Tenaga Kesehatan, Sub Bagian Keuangan, Seksi Data dan Informasi (Server) dan Sub Dinas Bina Program dan PSK, sedangkan untuk VoIP dan Tele-Conference telah berfungsi dengan baik.

Kendala yang dihadapi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah saat ini ialah terpisahnya Gedung Kantor dari beberapa Sub Dinas yang merupakan ujung tombak dari Data dan Informasi yaitu Sub Dinas Pemberantasan Penyakit Menular, Sub Dinas Bina Kesehatan Masyarakat dan Sub Dinas Bina Pelayanan Medik, ketiga Sub Dinas ini berada di jalan Undata Palu sekitar 3 (tiga) kilometer dari Gedung Utama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah jalan R.A. Kartini yang dihuni oleh 2 (dua) Sub Dinas dan 1 (satu) Bagian.

Kendala ini menyebabkan untuk komunikasi data menggunakan fasilitas SIKNAS ONLINE pada Tahun 2007 dan 2008 hanya dipergunakan untuk Sub Dinas Bina Program dan PSK, Sub Dinas Bina Tenaga Kesehatan dan Bagian Tata Usaha dalam hal ini Sub Bagian Keuangan sebagai Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah. Pada beberapa kesempatan khusunya pertemuan dengan pihak Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan RI, Seksi Data dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah telah mengajukan permintaan untuk penyediaan Tower guna komunikasi data dengan beberapa Sub Dinas tersebut.

Secara umum kegiatan ini berlangsung dengan baik.

Tambahan :

Sampai saat ini 18/12/07 belum terjadi aktivitas apapun dengan menggunakan SIKNAS ONLINE ini, khusus untuk Workstation di ruangan saya kami mencoba untuk memanfaatkannya dengan jalan berhubungan via email dengan pengelola SAI E1 di Departemen Kesehatan RI khususnya Biro Keuangan (telah sesuai dengan tujuan penempatan workstation tersebut). Namun di DATIN sendiri saya belum melihat aktivitas lain selain uji coba teleconfrence dengan beberapa dinkes, untuk komunikasi data ditingkat Dinas Kesehatan Prov. Sulteng [khususnya di Gedung Jl. RA Kartini] DATIN belum memulai aktivitas apa-apa.

[demikian laporan koresponden SIMKES langsung dari Dinkes Prov. Sulteng] namanca le….. he..he..

Wasalam

0 Responses to “Instalasi SIKNAS ONLINE di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: