PERJANJIAN KALIURANG ALA SIMKES 06

Yogyakarta, 6 April 2007 mahasiswa SIMKES 06 seiya sekata, seirama, searah berkumpul bersama di kampus IKM UGM pada jam 14.00 WIB sebanyak 10 roda dua dan 1 roda empat kemudian beriringan bersama dengan kencangnya putaran roda kendaraan yang ditumpanginya menuju ke puncak taman wisata Kaliurang Kab. Sleman Yogyakarta. Sebuah gedung yang menjadi saksi bisu atas kebersamaan mahasiswa SIMKES 06 di taman wisata Kaliurang, yaitu Gedung Pertemuan Dinas Kesehatan DI Yogyakarta yang terletak di Jalan Kesehatan Kaliurang. Ada 7 (tujuh) agenda kegiatan mahasiswa SIMKES 06 di Taman Wisata Kaliurang, antara lain :

  1. Makan bersama

  2. Diskusi

  3. Menyanyi bersama

  4. Malam Renungan

  5. Mengitari Taman Wisata Kaliurang

  6. Menikmati air terjun

  7. Mendaki puncak Prono Jiwo

  1. Makan bersama

    Kira-kira jam 16.00 WIB, seluruh mahasiswa SIMKES 06 tanpa menunggu perintah, bekerja sama mengambil pekerjaan masing-masing tanpa harus ditunjukkan, tanpa memilih-milih yang mana pekerjaan perempuan dan laki-laki, dikerjakan secara bersama. Ada yang memotong-motong sayur, ada yang mengulek lombok / tomat, ada yang mengumpulkan kayu bakar, ada yang meracik bumbu-bumbu, ada yang pergi membeli perlengkapan yang masih dibutuhkan, ada yang menghidupkan api, ada yang membakar ikan, ada yang memasak ayam, ada yang khusus mencicipi, ada yang memotret kiri kanan dan lain sebagainya.
    Ketika mesjid mengumandangkan suaran adzan dari segala penjuru, hidangan makanan pun sudah siap santap di meja makan. Namun sebelumnya bagi mahasiswa muslim melaksanaan shalat magrib secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama, sungguh nikmat….. nikmatnya makan bersama.

  2. Diskusi

    Setelah makan bersama, dilanjutkan dengan acara pembukaan diskusi yang dipandu oleh MC (Jelita Alamsyah), kemudian dibuka secara resmi oleh Ketua Kelas SIMKES 06 (Jaka Widada) dilanjutkan sepatah kata dari pengelola SIMKES UGM yang diwakili oleh Asti. Kemudian MC mempersilahkan kepada Dino Sumaryono untuk mengatur jalannya diskusi.
    Selanjutnya Dino memberikan pengantar tentang seputar yang akan didiskusikan, yaitu mengenai rencana proposal dan lainnya, menariknya isi diskusi ini merupakan tindaklanjut dari Workshop Proposal di Lokal kemarin. Seluruh teman-teman dipersilahkan berkomentar satu persatu. Ada yang masih ingin tinggal menyusun, konsultasi sampai seminar proposal baru pulang, dan ada yang ingin pulang setelah selesai ujian semester, kemudian juni / juli baru kembali ke Yogya, ada yang mengusulkan ruangan kepada pengelola supaya tetap ada ruangan yang bias digunakan sebagai tempat berkumpul jika berada di kampus. Kemudian moderator mempersilahkan kepada ketua kelas SIMKES 06 untuk merumuskan hasil diskusi yang isinya seperti berikut :

    a. Sekitar 15 orang yang masih ingin tetap di Yogyakarta & menyelesaikan proposalnya & seminar proposal baru pulang,

    b. Dan 16 orang yang angin kembali ke kampung halaman setelah selesai ujian semester,

    c. Tetapi kesepakatan bersama bahwa pada tanggal 15 Juni 2007 seluruh mahasiswa SIMKES 06 ketemu kembali di kampus IKM UGM Yogyakarta.

    d. Selain itu usulan ke pengelola SIMKES untuk difasilitasi ruangan sebagai tempat pertemuan tiap hari baik mahasiswa yang masih menetap di Yogyakarta maupun mahasiswa yang datang pada bulan juni nanti.

    e. Masing-masing mahasiswa bersedia mengoreksi dokumen proposal teman lainnya.

    Kemudian MC mempersilahkan kepada Dwi Karyono Budi menutup acara diskusi itu dengan doa bersama.

  3. Menyanyi bersama

    Setelah selesai diskusi, acara selanjutnya dikendalikan oleh Arif Rizaldi dengan acara menyanyi secara bergiliran dengan cara diundi. Mahasiswa (termasuk pengelola SIMKES) yang jatuh namanya pada undian, wajib menyanyikan lagu kesukaanya dengan iringan orgen tunggal (Erman) dengan pasukan joged SIMKES 06. Semua mahasiswa wajib nyanyi dan jogged, seolah bukit Kaliurang bergoyang bersama gemuruh suara dan joged mahasiswa SIMKES 06 malam itu.

  4. Malam renungan

    Kira-kira jam 00.00 WIB api unggun dinyalakan dan mahasiswa SIMKES 06 membentuk lingkaran saling bergandengan tangan dan menyanyikan lagu kemesraan sebagai lambang kebersamaan baik semasih berada di IKM UGM maupun setelah selesai nanti. Di luar lingkaran Vera dan Jelita saling bergantian membacakan puisi-puisi indahnya seolah menggetarkan ranting dan dedaunan pohon yang ada disekitar wisama Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta malam itu. Acara ini berlangsung kira-kira sampai jam 02.00 dini hari. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat tidur malam, tetapi ternyata ada diantara teman yang terbangun dan memperhatikan teman-teman yang sedang tidur pulas dan diselingi dengan suara ngorok seperti layaknya suara gergaji pemotong pohon di tengah hutan ………, begitulah pengakuannya disaat pagi hari.

  5. Mengitari Taman wisata Kaliurang

    Dipagi hari dilanjutkan dengan mengitari dan menikmati keindahan bukit Kaliurang dan berakhir di Gardu Pandang untuk mengamati indahnya pemandangan gunung merapi. Namun sayangnya karena kabut tidak bersahabat, sehingga seluruh badan gunung merapi tidak dapat tampak. Kemudian dengan langkah yang santai menurun menuju ke wisma Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta untuk sarapan pagi.

  6. Menikamati indahnya air terjun

    Setelah sarapan dan mandi pagi, kami semua menuju ke wisata air terjun. Di sana kami saling berpose bersama untuk dipotret dengan latar belakang air terjun.

  7. Mendaki Puncak Prono Jiwo

    Kami melanjutkan perjalanan untuk mendaki puncak Prono Jiwo, selangkah demi selangkah dengan nafas yang tersengal-sengal dan berhasil mencapai puncaknya. Namun setelah sampai di puncak Prono Jiwo, seorang teman kami yang tergeletak lunglai tanpa daya karena capek, semua jaket menjadi tikar untuk ditiduri oleh korban, ada yang memijat kakinya, lengannya, lehernya, ulu hatinya, dan ada yang melucu. Kami beristirah sejenak sambil menunggu pulihnya tenaga teman kami tersebut, kemudian yang merasa dirinya laki-laki saling bergantian mengangkat korban secara bergantian menuruni gunung secara bergantian sampai di lembah gunung. Kemudian dibaringkan kembali sambil meminta bantuan kepada tim SAR Taman wisata Prono Jiwo. Kemudian datanglah pasukan SAR serta tandunya, dan dibawanya ke mobil, dan selanjutnya diistirahatkan di wisma Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta. Kira-kira jam 13.00 kami secara bersama-sama meninggalkan wisma menuju kampus UGM dan selajutnya masing kembali ke tempat peristirahatannya masing-masing.

Kegiatan ini sangat berkesan dan pasti menjadi kenangan sepanjang masa, di sana ada kebersamaan, ada kesepakatan, ada kegembiran, ada kepanikan, dan terakhir semua capek (tapi indah). [draf by, sudarianto]

*posting ini agak terlambat, maaf kawan2 mungkin karena kesibukan masing-masing dan kami lagi menyusun workshop seputar jaringan komputer dengan beberapa kawan-kawan yang berminat. Posting ini akan kami tambahkan beberapa pic menarik dari kegiatan diatas.

 

1 Response to “PERJANJIAN KALIURANG ALA SIMKES 06”


  1. 1 adieb November 7, 2007 pukul 4:27 am

    Tulisan yang bagus, lengkap, terpercaya, itulah sweetmemory kita “SIMKES06” kayaknya sulit dech… melupakan kenangan itu, tapi ada ceritanya yang kurang, aku kebetulan kebagian cuci piring bersama vera tapi belum terexpose dalam cerita…ha ha ha… Saya punya file videonya, bagi yang berminat.

    [chandra] say :

    Wah boleh tuh pak,,,, di bagi ,,,, send ya ke saya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: