Ujian metodologi penelitian 2007

Kemarin, ujian metodologi penelitian. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini ujian per kelompok. Masing-masing kelompok harus menyerahkan proposal penelitian, melakukan presentasi singkat kurang dari 10 menit dan diskusi. Nilai ujian merupakan komposit dari 4 katetori yaitu presentasi, content, metodologi dan diskjusi. Secara umum, aku lebih happy dengan pembelajaran seperti ini daripada tahun kemarin. Makasih ya bu Uut….

Kedelapan judul proposal yang diajukan sebenarnya menarik, sebagai contoh:
-Analisis kesiapan dinas kesehatan kota Ternate dalam pengembangan SIK
-Distribusi spasial penyakit malaria di kab. Rejang Lebong tahun 2007
-Prototipe sistem informasi pengawasan kualitas air minum di kota Yogyakarta
-Evaluasi pencatatan dan pelaporan imunisasi desa UCI di kota Palangka Raya
-Penerapan sistem informasi manajemen kesehatan berbasis LAN di Dinkes Kab. Hulu Sungai Selatan
-Persepsi pengguna SIM RS Bethesda
-Evaluasi penerapan SIK di Dinkes Propinsi Sulawesi Selatan
-Penerapan sistem informasi KIA terhadap kualitas data antenatal di kabupaten Pasaman

Meskipun menarik, ada beberapa catatan ringan:
-Ketrampilan berpresentasi harus lebih ditingkatkan. Prinsip sederhana seperti memilih paduan warna, ukuran huruf, jumlah baris serta background perlu diperhatikan. Malu ah…mahasiswa SIMKES tidak bisa membuat presentasi yg baik. Terkait dengan media, menguasai media itu sendiri termasuk melakukan navigasi semestinya sudah bisa dikuasai sambil merem ya. Waktu presentasi juga perlu diperhatikan. Jika presentasinya maksimal 10 menit, menyediakan 31 slide tentu akan kerepotan. Membatasi bicara di masing-masing slide juga penting. Ada lho..yang suka berbicara terlalu panjang lebar dalam satu slide. Yang terakhir, pembawaan. Jangan nervous, bersikap tenang.

-Karena masih semester satu, topik penelitian belum terlalu fokus. Makanya di MMR, mata kuliah MP diberikan pada semester dua, dan ujiannya individual dengan proposal masing-masing. Setelah ujian, dua minggu kemudian akan diikuti dengan seminar proposal beneran. Tetapi, ada baiknya dikenalkan MP pada semester pertama. Salah satu diantaranya adalah mengenalkan berbagai metode penelitian. Sehingga, kalau saat mulai menyiapkan tesis dapat menimbang kelebihan dan kekurangan berbagai metode yang ada. Kemarin, masih ada yang bingung dengan pengertian action research. Ada penelitian survei ditulis kualitatif. Ada juga yang menulis studi kasus dengan pendekatan survei, wah piye yo… Justru, setelah ini harus belajar lebih baik lagi. Kalau mereka mengenal beberapa kesalahan itu, diharapkan dapat memilih metode penelitian yang sesuai untuk tesis mereka masing-masing.

-Yang lebih penting lagi adalah tentang plagiasi. Mereka kemarin belum tahu cara yang etis mengutip kepustakaan. Mas Dani udah nempel slogan di blognya, jangan asal copy and paste. Enak sih, copy and paste, tapi risikonya, bisa lho dicabut gelar S2nya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

-Yang kurang dari kuliah MP ini adalah mengasah pengetahuan dan ketrampilan mereka membuat kuesioner. Aku yakin, masih banyak kekurangannya. Ada komentar?

1 Response to “Ujian metodologi penelitian 2007”


  1. 1 chandra Januari 26, 2007 pukul 3:56 am

    Terima kasih atas Kritik Pak Anis

    Saya menyadari memang banyak sekali kekurangan yang ada dengan Proposal penelitian kami. Semoga kami dapat lebih dibimbing agar Penelitian kami nantinya lebih terfokus.

    Chandra


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: