Seminar e-Gov

Rabu, 06 Desember 2006 saya dan Mbak Rosita berkesempatan mengikuti Seminar Nasional “Kepemimpinan Dalam Penyelarasan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Dan Birokrasi Pemerintah Daerah” yang diadakan oleh Megister Teknologi Informasi bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Seminar tersebut menghadirkan :

  1. Direktur e-Gov Depkominfo (Ir. Djoko Agung, MM) sebagai keynote speaker dengan topik Strategi dan kebijakan pemerintah untuk mendukung penyiapan SDM dan membangun kepemimpinan yang kondusif dalam rangka implementasi e-Gov di pemerintah daerah.

  1. Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MUP, Ph.D. (Kepala Badan Informasi Daerah DIY) dengan topik Pemanfaatan TI di lingkungan pemerintah daerah: strategi yang sesuai untuk realita yang dihadapi.

  2. Krisna Nugraha (Cleon Consulting) dengan topikPentingnya penyelarasan TI dalam proses-proses penyelenggaraan pemerintahan dan strategi implementasinya.

  3. Dr. Ir. Lukito Edi Nugroho M.Sc (Direktur MTI UGM) dengan topik Penyiapan SDM untuk melaksanakan kepemimpinan yang diperlukan dalam penyelarasan TI.

  4. Yappie Eka Prasetya (Public Sector Government PT Microsoft Indonesia) dengan topik Contoh-contoh dukungan teknologi danbest practice penerapannya dalam penyelarasan TI.

Dalam seminar itu secara garis besar membahas mengenai perkembangan teknologi informasi yang dimanfaatkan untuk mengembangkan suatu sistem informasi di pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada publik. Pemanfaatan tersebut direalisasikan oleh pemerintah pusat dengan diluncurkannyae-Gov (electronic government). Dalam penerapan e-Gov merupakan tanggung jawab yang cukup besar, mengingat kendala-kendala yang ada di lapangan dan menyelaraskan tujuan dan strategi antar instansi-instansi yang ada. Sehingga dibutuhkan pemimpin yang dapat memanfaatkan informasi teknologi untuk menerapkan e-Gov dengan baik dan menghasilkan peluang-peluang pelayanan yang berkualitas. Profesi tersebut sering disebut dengan Chief Information Officer (CIO).

Masing-masing pembicara memaparkan mengenai pemanfaatan teknologi informasi ini dalam penerapan e-Gov, termasuk mengenai apa dan bagaimana peranan CIO dalam suatu organisasi. Berikut ini sekilas mengenai isi dari seminar e-Gov :

Strategi dan kebijakan pemerintah untuk mendukung penyiapan SDM dan membangun kepemimpinan yang kondusif dalam rangka implementasi e-Gov di pemerintah daerah (Ir. Djoko Agung, MM)
Kemajuan teknologi informasi mengakibatkan adanya kolaborasi dan integrasi antar fungsi bahkan lembaga. Perkembangan dalam teknologi informasi dan kominikasi ini juga mendorong penyelenggaraan pemerintahan tidak dengan manual lagi. Dengan kata lain transformasi menuju e- Government, seperti perubahan budaya kerja dengan menggunakan internet, perubahan proses kerja dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dan lain-lain. Akan tetapi tidaklah mudah dalam penerpannya, sehingga diperlukan CIO yang memimpin dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu dibentuklah Dewan TIK Nasional, yang bertugas membuat arahan strategi daya guna TIK, menyelesaikan masalah TIK, koordinator nasional dan badan persetujuan lintas departemen.

Pemanfaatan TI di lingkungan pemerintah daerah: strategi yang sesuai untuk realita yang dihadapi (Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MUP, Ph.D.)
Pemanfaatan teknologi informasi di peperintahan daerah terbagi menjadi 3, yaitu teknologi informasi untuk pengolahan data untuk setiap instansi, untuk sistem integrasi lintas instansi dalam pengambilan keputusan dan sebagai sistem informasi startegis daya saing dalam memenerikan pelayanan. Akan tetapi penerapan teknologi informasi pada setiap daerah tidaklah sama, bergantung pada kondisi masing-masing daerah. BID (Badan Informasi Daerah) menjadi suatu badan yang menjadi mediator dalam pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah daerah., yang memiliki tugas antara lain membuat pedoman, melatih dan sebagai server. tahap-tahap dalam pemanfaatan teknologi yang dikembangakan oleh BID berawal dari entri data yang terpusat, integrasi data, sampai sistem integrasi data berjalan.

Penyiapan SDM untuk melaksanakan kepemimpinan yang diperlukan dalam penyelarasan TI (Dr. Ir. Lukito Edi Nugroho M.Sc)
Implementasi E-Gov hanya dapat dilakukan dengan sumber daya manusia yang tangguh, karena pemerintah harus dapat menanggapi kebutuhan masyarakat melalui penggunaan teknologi informasi yang selaras, baik dalam hal visi, misi, rencana strategis, pengelolaan teknologi informasi, proses dan mekanisme birokrasi, dukungan infrastruktur dan layanan teknologi informasi serta penguatan sumber daya manusia.

Pentingnya penyelarasan TI dalam proses-proses penyelenggaraan pemerintahan dan strategi implementasinya (Krisna Nugraha)
Keselarasan antara teknologi informasi dengan keseluruhan strategi perusahan tidak mungkin terjadi dengan sendirinya. Hal ini membutuhkan keterlibatan secara aktif dari berbagai level dan aktivitas dalam perus, membutuhkan manajemen yang bekerja secara aktif membutuhkan usaha yang berkesinambungan dan keahlian baik di dalam maupun di luar organisasi. Keselarasan teknologi informasi ini membutuhkan keberanian untuk pengambila resiko. Hal ini juga membutuhkan kepemimpinan yang kuat

Untuk lebih dalam memahami mengenai apa yang disampaikan oleh Pembicara, materi seminar dapat download di http://mti.ugm.ac.id/seminardocs/CIO-MTI-PemerintahDaerah/

By: Rosita & Nia

1 Response to “Seminar e-Gov”


  1. 1 capchoose September 1, 2011 pukul 4:14 am

    Sungguh artikel yang menarik, perkenalkan kami adalah Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua. Kami bertekad memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Melalui motto: “Serasa melahirkan dirumah sendiri”, Rumah Sakit Bersalin Lombok Dua Dua Surabaya akan memberikan pelayanan dengan dedikasi tinggi. pelayanan kebidanan dan kandungan yang aman, efektif dan bermutu dalam suasana kekeluargaan yang kental dengan sentuhan penuh kasih sayang. More info (031)7526071


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: