Pembentukan Tim Pengelolaan SIK di Kab.Bintan Kep.Riau

Hari ini Rabu, 6 September 2006 saya telah di tunjuk dan di SK kan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Bintan sebagai Ketua Tim Pengelolaan SIK Kabupaten Bintan tahun 2006 – 2008. 

Dasar penunjukkan ini adalah presentasi saya pada hari Senin, 4 September 2006 di hadapan Kadis, dan Para Kabid serta Kasie. Pesan moral yang saya sampaikan pada presentasi ( ± 90 menit) tsb adalah pengalaman belajar saya selama 2 minggu di M-SIMKES IKM UGM. Presentasi ini juga saya kaitkan dengan Renstra Pembangunan Kesehatan Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau  Tahun 2006 – 2010. 

Adapun Visi Pembangunan Kesehatan kami adalah : ”PELAYANAN KESEHATAN BERMUTU YANG MERATA, ADIL DAN TERJANGKAU MENUJU KABUPATEN BINTAN SEHAT”. Dan Misinya adalah : 

1.       Meningkatkan dan Memantapkan manajemen dan kinerja serta mutu pelayanan kesehatan di semua tingkat administrasi dan unit-unti pelayanan;2.       Meningkatkan dan mengembangkan promosi kesehatan dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tengah-tengah kehidupan masyarakat;3.       Meningkatkan kinerja dan memperkuat upaya-upaya pengendalian penyakit dan mewujudkan lingkungan sehat, serta penanggulangan masalah gizi masyarakat;4.       Meningkatkan kualitas Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Kantor Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten, Puskesmas dan Jaringannya;5.       Memantapkan kemitraan lintas sektoral dan pemberdayaan masyarakat. 

Khusus Misi ke-Empat, kegiatan dilaksanakan melalui : 

1.           Melaksanakan penataan SIK disemua tingkat administrasi ; 2.           Mefasilitasi pelaksanaan SIK disemua tingkat administrasi, termasuk penyediaan bimbigan tehnis, sarana dan prasarana;3.           Melaksanakan pengelolaan data dan informasi kesehatan;4.           Menyusun dan memproduksi Profile Kesehatan Kabupaten;5.           Menyiapkan dan dan mengembangkan kemampuan tehnis sumber daya tenaga SIK;6.           Melaksanakan pengembangan jejaring SIK antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, sampai ke tingkat provinsi dan pusat (Depkes.RI);7.           Menyelenggarakan administrasi dan operasional pelaksanaan SIK. 

 

Faktor kendala yang saya hadapi adalah : Pengalaman saya dan staf masih terbatas dalam membuat, menyusun program dan pengelolaan database.Sedangkan faktor pendukung yang saya miliki disamping dukungan kebijakan Kadis, adalah tersedianya Sarana pendukung (ruangan kerja, meubeleir, komputer, dll) yang cukup memadai. 

Dengan bermodalkan semangat “KEPEMIMPINAN MBAH MARIDJAN” pada hari ini sedang dilakukan pemasangan Jaringan Internet (LAN) secara on Line oleh pihak Telkom (selama ini saya menggunakan Telkomnet Instant). Beberapa aktifitas lain yang berkaitan erat dengan Manajemen Database, saya bersama Tim telah menetapkan Visi “SIK adalah salah satu aktor utama  keberhasilan Pembangunan Kesehatan Kabupaten Bintan 2006-2010”. Serta secara pribadi saya mencoba menggunakan beberapa slidenya Pak Anis untuk mensosialisasikan SIK dan Manajemen Database kepada Staf. 

Harapan kedepan, mudah-mudahan saya dan Tim mampu melaksanakan amanah ini. 

 

12 Responses to “Pembentukan Tim Pengelolaan SIK di Kab.Bintan Kep.Riau”


  1. 1 simkesugm06 September 6, 2006 pukul 5:46 am

    Aim (Minat KMPK 2006/2007) says………

    Selamat Pak Said, semoga sukses dan menjadi contoh untuk Dinkes daerah lainnya di provinsi kep.Riau

  2. 2 anis September 6, 2006 pukul 8:41 am

    Selamat pak Said. Teruslah berkarya….Saya support dari sini. Jika ada yang saya bisa bantu…dengan senang hati akan saya lakukan.

  3. 3 jaka September 7, 2006 pukul 3:26 am

    Kami mengucapkan selamat Pak Said, moga2 terus bisa berkarya dan berkarya meskipun Magister SIMKES belum kecapai but eksistensi kita udah diakui
    Sekali lagi selamat Pak…

  4. 4 simkesugm06 September 7, 2006 pukul 3:41 am

    selamat pak Said, semoga pak said bisa melayani semua, seperti kata Mbah Marijan

  5. 5 simkesugm06 September 7, 2006 pukul 4:12 am

    Selamat pak Said, semoga apa yang bapak kembangkan di RIAU menjadi pemicu semangat teman-teman yang sedang menggali ilmu pada peminat SIMKES – IKM UGM.
    inilah buktinnya peminatan SIMKES bisa menjadi seorang MENEJER, bukanya tukang pencari data. ha…. ha….. katanya pak dr. MUBASYISYIR HASANBASRI

  6. 6 erman September 7, 2006 pukul 5:32 am

    suai lah, kami semua dukung pak said, semoga sukses selalu

  7. 7 chandra September 7, 2006 pukul 12:01 pm

    SELAMATA AND SUKSES untuk p’said semoga apa yg bapk lakukan akan menjadi support buat kami di simkes06 untuk belajar lebih giat lagi

  8. 8 amaran September 8, 2006 pukul 4:04 am

    Oke pak Damrie, mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi yang laen.. dan ke depan kita harapkan Simkes bisa lebih baik lagi di Bintan, Provinsi Kepri, dan akhirnya Indonesia dalam menampilkan informasi yang tentunya dapat digunakan sebagai penentu pengambilan kebijakan. Seiring dengan waktu kita harapkan apa yang kita rencanakan dapat terwujud dengan perbaikan sarana penunjang yang ada (komputer dan softwarenya) serta SDM yang handal, SUKSES…

  9. 9 Hidajatullah September 8, 2006 pukul 4:46 pm

    Conratulation for Mr. Said, Think big, small start, start now

  10. 10 Dwi Karyono Budi September 12, 2006 pukul 8:19 am

    Mudah – mudahan Kabupaten Bintan Konsisten menerapkan SIMKES. Selamat kepada pak Damrie. Salam buat kawan – kawan. Good Luck.

  11. 11 Syahrul Nizat November 22, 2006 pukul 11:45 pm

    Selamat Pak Said, jadikan lah bangse Melayu menjad bangse yang sehat bermatabat, baik jasmani maupun rohani.

    Buat teman2 dari lingga dan Dabo singkep, bile kirenye hendak mengikuti jejak bijak Pak said tersebut.

    Mobile : 08174824464

  12. 12 Dinoe Februari 20, 2009 pukul 9:54 am

    Moga sukses pak. dari kami putra singkep


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: