Ditunggu, kelompok manajemen database

Pagi tadi, kami berdiskusi tentang kasus manajemen untuk dinas kesehatan. Sebagai trigger, saya ambilkan artikel penelitian dari Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, tentang , pengembangan sistem informasi untuk pemantauan garam beryodium, ujicoba database KIA di salah satu kabupaten di NTT serta sistem informasi kepegawaian di Kanwil Propinsi DIY. Yang pertama tentang pengembangan sistem informasi, yang kedua intervensi implementasi database sedangkan yang ketiga evaluasi sistem informasi.

Ada diskusi menarik tentang apakah harus memulai dari gambaran besarnya atau langsung ke aspek yang lebih rinci. Akhirnya, disepakati ada beberapa kelompok yang akan mencoba membuat rincian bisnis proses, kerangka logika serta konseptual database yang akan dibuat. Rencananya, besok Sabtu (9 September) akan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok yang terdiri atas 3-5 orang mahasiswa. Pada akhir semester, setiap kelompok diharapkan dapat menghasilkan model database disertai dengan simulasi dengan dummy data untuk beberapa fungsi di dinas kesehatan seperti: manajemen kepegawaian, imunisasi, gizi, posyandu, kesehatan lingkungan, P2M maupun rawat jalan di rumah sakit. Nama anggota masing-masing kelompok ditunggu lho….

Jangan lupa, sering cek ke Elearning SIMKES. Silabus lengkap perkuliahan terdapat di sana.

by Anis

6 Responses to “Ditunggu, kelompok manajemen database”


  1. 1 simkesugm06 September 5, 2006 pukul 3:19 am

    Saya telah membaca dan mencermati perkembangan proses pembelajaran kelasikal SIMKES, tugas yang diberikan oleh Fasilitator sangat baik. Secara individu dan kelompok Kelas PJJe Kepri akan mencoba mengerjakan tugas tersebut, mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan kami sudah dapat mengirimkan hasil diskusi kami.
    Mohon petunjuk Pak Anis bagaimana mau lgin ke Elerarning SIMKES, sudah saya coba belum berhasil.

    Wassalam, Said Damarie

  2. 2 simkesugm06 September 5, 2006 pukul 7:07 am

    terima kasih pak Said? bagaimana kabarnya? Kemarin, teman-teman di sini memang sedang merancang database. Pengelompokkan serta tugas nanti akan dimasukkan di situs elearning. User dan password nanti akan disampaikan mbak Nia lewat email atau SMS. Salam untuk teman-teman lainnya. Blognya personal pak Said diteruskan….

  3. 3 irmansyah September 5, 2006 pukul 1:36 pm

    Setelah mencermati proses pembelajaran dengan topik kasus manajemen, kami secara individu dan kelompok akan mencoba mengerjakan tugas tersebut.
    Pak Anis saya telah masuk ke situs elearning SIMKES tapi belum ada berita salam buat teman-teman

    wassalam, Irmansyah

  4. 4 jelita September 19, 2006 pukul 8:22 am

    pak anis kami udah coba masukin hasil presentasi tentang artikel tapi kok nggak sukses juga pak gimana dong caranya pak.Mohon bantuan pak makasih.Kelompok IV,Edi Royadi,Jelita Alamsyah,Lilik Rahmawati dan maulidin noer

  5. 5 sayid damrie September 28, 2006 pukul 9:17 am

    Untuk Pak Edi R, Mbak Jelita, masalahnya kenapa tidak sukses datanya masuk, karena komuternya lagi ikutan puasa kali ya ……..

  6. 6 subadri Maret 1, 2007 pukul 11:15 am

    Saya sangat tertarik dalam bidang manajemen database, bolehkah saya mendaftar? bagaimana cara untuk mengirim artikel,

    Salam

    Subadri
    Pusat Sarana Prasarana dan Peralatan Kesehatan
    Depkes RI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,443 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: