8. MENGEMBANGKAN PROGRAM PELATIHAN

PRINSIP :

Program pelatihan sebaiknya dirancang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kelompok sasaran

LANGKAH-LANGKAH :

1. Lakukan Pelaksanaan penilaian kebutuhan pelatihan (Training Needs Assessment=TNA) untuk bagi petugas data dan pengguna data. Ada 4 type pelatihan yang biasanya dilaksanakan :

  • Pelatihan untuk Pelatih
  • Pelatihan bagi petugas data di tingkat perifer tentang bagaimana mengisi formulir dengan benar.
  • Pelatihan bagi operator komputer dalam menggunakan software dan hardware.
  • Pelatihan bagi staf pada berbagai tingkatan mengenai penggunaan data. staf pengguna data pada tingkat yang berbeda.

Penilaian kebutuhan pelatihan juga harus dilakukan untuk setiap tipe pelatihan. Beberapa variabel yang perlu dikumpulkan  kebutuhan yang  pada saat penilaian kebutuhan pelatihan meliputi :

  • Fungsi dasar dari setiap staf (TUPOKSI) terkait dengan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan.
  • Peningkatan pelatihan yang telah diperolehlaksanakan sesuai dengan kinerja masing-masing.
  • Kapan pelatihan sebelumnya dilaksanakan
  • Apakah pelatihan sebelumnya telah mampu meningkatkan kapasitas staf menjalankan fungsi yang diharapkan
  • Jenis pelatihan yang dibutuhan

2. Mengembangkan kurikulum untuk setiap tipe pelatihan berdasarkan hasil penilaian pengkajian kebutuhan pelatihan. Beberapa aspek yang tercakup :

  • Kelompok sasaran (untuk siapa?)
  • Isi (apa?)
  • Strategi (Bagaimana?)
  • Durasi (Berapa lama?)- Hal ini terkait dengan durasi total program pelatihan serta lama program pelatihan sebaiknya disesuaikan dengan alokasi waktu untuk setiap topik pelatihan. Hasil dari tahap ini adalah kurikulum silabus pelatihan untuk masing-masing program pelatihan yang dilaksanakan.

3. Mengembangkan Pengembangan Materi Pelatihan. Beberapa materi pelatihan yang dianjurkan :

  • Pelatihan bagi petugas data ;materi :kamus data ;Isi :daftar indikator, rumus, definisi, sumber data, & petunjuk pengisian format.
  • Pelatihan bagi pengguna data ; materi : panduan untuk pengguna data (berbeda untuk setiap tingkatan); Isi : analisis data, interpretasi, dan penggunaan.
  • Pelatihan bagi Operator komputer ; materi : panduan penggunaan software ; Isi : petunjuk yang jelas (dilengkapi dengan contoh) bagaimana penggunaan software ; permasalahan.
  • Pelatihan untuk pelatih ; materi :panduan bagi pelatih ; Isi: petunjuk bagaimana melaksanakan pelatihan program bagi petugas data dan pemngguna data, strategi pengajaran, petunjuk penggunaan buku panduan bagi pengguna data dan petugas data.

4. Reproduksi Menyusun kembali materi pelatihan.  Karena ada kemungkinan modifikasi format, struktur dan isi materi pelatihan berdasarkan evaluasi sebelumnya, oleh karena bahan materi yang akan dicetak kembali perlu diperhitungkan.

5. Merancang model evaluasi pelatihan. Langkah ini sangat penting karena sebagian besar evaluasi memerlukan data dasar tentang pengetahuan peserta  sebelum pelatihan.

6. Identifikasi peserta yang tepat untuk yang sesuai dari masing-masing jenis pelatihan berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengumpulkan, mengelola dan menggunakan data. Salah satu strategi yang efisien adalah mengidentifikasi dan melatih materi utama kepada staf yang dapat berperan sebagai trainer untuk wilayah di sekitarnya. Jika strategi ini dipilih, perlu mempertimbangkan distribusi geografis peserta pelatihan untuk Training of Trainer.

7. Lakukan Pelaksanaan pelatihan bagi petugas data

8. Lakukan Pelaksanaan pelatihan bagi pengguna data. Hal ini biasanya dilakukan setelah tersedia cukup data agar dapat digunakan pada saat pelatihan.
9. Evaluasi program pelatihan termasuk materi pelatihan yang digunakan.

10.Modifikasi materi pelatihan dan program pelatihan berdasarkan hasil dari pembuatan evaluasi. Hal ini harus sudah dilakukan sebelum melakukan melangsungkan pelatihan berikutnya.
ISSU :

  1. Pemilihan peserta yang tepat  pelatihan yang  bagi program pelatihan yang berbeda-beda. sesuai dengan masing-masing program pelatihan yang akan dilaksanakan.
  2. Identifikasi latar belakang staf yang akan mendapat pelatihan.
  3. Bahasa yang digunakan pada materi pelatihan
  4. Penyebarluasan materi dan buku panduan.
  5. Fasilitas yang tepat untuk pelaksanaan pelatihan.

By : Ni Nyoman Kristina, Rasdiyanti, Dwi Rahmi Zaki, & Sukma

9 Responses to “8. MENGEMBANGKAN PROGRAM PELATIHAN”


  1. 1 Mukhlasin Desember 18, 2006 pukul 2:06 am

    kami membutuhkan kurikulum pengelolaan pelatihan,
    mintak tolong kurikulum menejemen pelatihan

  2. 2 fauzy baron Desember 20, 2006 pukul 2:06 am

    Terima kasih.
    Saya membutuhkan informasi tentang BAGAIMANA MENGEVALUASI TINGKAT KEBERHASILAN PASCA PELATIHAN TERHADAP PEKERJA.
    Mungkinkah termasuk dalam Modul manajemen pelatihan ?
    Terima kasih

  3. 3 faisal Juni 23, 2007 pukul 7:48 pm

    saya sangat membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara melakukan evaluasi terhadap suatu pelatihan, termasuk contoh-contoh kuisionernya.

  4. 4 iyong Juni 29, 2007 pukul 8:22 am

    Buku apa yg perlu sy bc (terjemahan) maupun inggris sbg acuan bg definisi, prinsip, metode mengenai TNA. Sy br mempelajari hal ini jd betul2 awam mengenai hal tsb.

    Terima kasih

  5. 5 Dadi Mahmudin September 28, 2007 pukul 5:45 am

    Saya lagi cari cari materi tentang kurikulum pelatihan, isinya segala sesuatu tentang kur pelatihan (manaj, desain, pengelolaan, penyusunan silabus, evaluasi, pengembangan de el el deh)

  6. 6 Fitria Ayesha Januari 14, 2008 pukul 1:16 pm

    maaf sebelumnya, saya lagi meneliti tentang studi komparatif. yakni membandingkan 3 pusdiklat. untuk itu saya perlu definisi atau konsep tentang pusdiklat baik itu pengertian, manfaat, tujuan dan fungsi. terimakasih.

  7. 7 yka November 5, 2008 pukul 8:01 am

    menurut anda apa perbedaan mendasar antara pelatihan kesenjangan dan pelatihan pekerjaan(job).

  8. 8 grosir laptop bekas Januari 27, 2011 pukul 3:04 am

    masih bingung bagaimana mengembangkan model pelatihan yg efektif dan efisien terutama utk tenaga kependidikan..

  9. 9 amayaku Agustus 11, 2015 pukul 8:22 am

    Silahkan download Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) terupdate dan terlengkap di
    Download SKKNI terupdate


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 291,427 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: