EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN

(Sugeng Wiyana)

Salah satu pertanyaan dalam evaluasi penerapan sistem informasi kesehatan adalah : Apakah sistem Informasi bekerja lebih baik dari sistem sebelumnya?

Dalam implementasi sistem komputer dibutuhkan biaya untuk pengadaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pelatihan pengguna misalnya petugas entry data. Evaluasi sistem harus ditujukan pada manfaat sistem misalnya efisiensi operasional, apakah sistem komputerisasi telah menghasilkan penghematan misalkan dalam hal waktu yang dibutuhkan dalam pengumpulan dan analisis data? jika tidak, apakah dengan sistem komputerisasi memungkinkan penambahan dan analisis data yang bernilai dari segi waktu dan biaya (misalkan meningkatkan kepuasan pasien dan dokter atau pelayanan yang lebih baik terhadap pasien)?.

Apakah sistem bekerja lebih baik dari sistem sebelumnya maka model perubahan yang dapat dievaluasi adalah model perubahan eksternal force (peralatan sistem yang baru), dan model perubahan kebutuhan pengguna. Metode yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi adalah :

1. Metode kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi

2. Metode Survey

3. Eksperimen semu

4. Metode simulasi

5. Cohort/time series study

6. Analisis biaya – manfaat

Berikut ini beberapa hal yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi dengan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi :

Wawancara

Wawancara dapat dilakukan terhadap pengguna baik pengguna langsung (petugas entri data) ataupun pengguna tidak langsung misalnya kepala bagian atau bahkan terhadap direktur. Pertanyaan dapat ditujukan untuk mengetahui manfaat yang diharapkan untuk perbaikan pelayanan. Pertanyaan yang diajukan misalnya :

- Apa manfaat yang anda harapkan dari penerapan sistem komputerisasi ini? – Perubahan penting apakah yang telah diakibatkan oleh sistem komputerisasi ini? – Bagaimana komentar anda dengan sistem ini?

Observasi

Observasi dapat dilakukan dengan mengamati secara langsung sistem komputerisasi, misalkan dengan mengamati bagaimana rekam medis pasien yang dihasilkan dengan sistem komputerisasi dibandingkan jika dilakukan secara manual

Dokumentasi

Evaluasi dapat dilakukan dengan melihat dokumen-dokumen yang dihasilkan oleh sistem komputerisasi, apakah lebih tepat, cepat dan akurat dibandingkan dengan dokumen yang dihasilkan oleh sistem sebelumnya

About these ads

0 Responses to “EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Blog Stats

  • 264,537 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: