Model Evaluasi Sistem Informasi

Ada beberapa model yang biasa dan sering digunakan dalam evaluasi sistem informasi, di antaranya adalah:

a. Technology Acceptance Model (TAM)

Model ini telah banyak digunakan dalam penelitian sistem informasi untuk mengetahui reaksi pengguna terhadap sistem informasi (Landry et. al., 2006). Metode TAM ini pertama sekali dikenalkan oleh Davis pada tahun 1989.

TAM adalah teori sistem informasi yang membuat model tentang bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakan teknologi. Model ini mengusulkan bahwa ketika pengguna ditawarkan untuk menggunakan suatu sistem yang baru, sejumlah faktor mempengaruhi keputusan mereka tentang bagaimana dan kapan akan menggunakan sistem tersebut, khususnya dalam hal: usefulness (pengguna yakin bahwa dengan menggunakan sistem ini akan meningkatkan kinerjanya), ease of use (di mana pengguna yakin bahwa menggunakan sistem ini akan membebaskannya dari kesulitan, dalam artian bahwa sistem ini mudah dalam penggunaannya).

TAM yang memiliki elemen yang kuat tentang perilaku (behavioural), mengasumsikan bahwa ketika seseorang membentuk suatu bagian untuk bertindak, mereka akan bebas untuk bertindak tanpa batasan (gambar 1). Beberapa penelitian telah mereplikasi studi Davis untuk memberi bukti empiris terhadap hubungan yang ada antara usefulness, ease of use dan system use (Furneaux, 2006a).

 

b. End User Computing (EUC) Satisfaction

Pengukuran terhadap kepuasan telah mempunyai sejarah yang panjang dalam disiplin ilmu sistem informasi. Dalam lingkup end-user computing, sejumlah studi telah dilakukan untuk meng-capture keseluruhan evaluasi di mana pengguna akhir telah menganggap penggunaan dari suatu sistem informasi (misalnya kepuasan) dan juga faktor-faktor yang membentuk kepuasan ini. (Doll et al. 1995 disitasi oleh Chin et al., 2000)

Model evaluasi ini dikembangkan oleh Doll & Torkzadeh. Evaluasi dengan menggunakan model ini lebih menekankan kepuasan (satisfaction) pengguna akhir terhadap aspek teknologi, dengan menilai isi, keakuratan, format, waktu dan kemudahan penggunaan dari sistem. Model ini telah banyak diujicobakan oleh peneliti lain untuk menguji reliabilitasnya dan hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna meskipun instrumen ini diterjemahkan dalam berbagai bahasa yang berbeda.

 

c. Task Technology Fit (TTF) Analysis

Inti dari Model Task Technology Fit adalah sebuah konstruk formal yang dikenal sebagai Task-Technology Fit (TTF), yang merupakan kesesuaian dari kapabilitas teknologi untuk kebutuhan tugas dalam pekerjaan yaitu kemampuan teknologi informasi untuk memberikan dukungan terhadap pekerjaan (Goodhue & Thompson 1995, disitasi oleh Dishaw et al., 2002). Model TTF memiliki 4 konstruk kunci yaitu Task Characteristics, Technology Characteristics, yang bersama-sama mempengaruhi konstruk ketiga TTF yang balik mempengaruhi variabel outcome yaitu Performance atau Utilization (Gambar 2). Model TTF menempatkan bahwa teknologi informasi hanya akan digunakan jika fungsi dan manfaatnya tersedia untuk mendukung aktivitas pengguna.

http://www.istheory.yorku.ca/images/ttf.JPG

Model evaluasi ini pertama kali dikembangkan oleh Goodhue dan Thompson pada tahun 1995. Teori ini berpegang bahwa teknologi informasi memiliki dampak positif terhadap kinerja individu dan dapat digunakan jika kemampuan teknologi informasi cocok dengan tugas-tugas yang harus dihasilkan oleh pengguna (Furneaux, 2006b).

 

d. Human-Organization-Technology (HOT) Fit Model

Yusof et al. (2006) memberikan suatu kerangka baru yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi sistem informasi yang disebut Human-Organization-Technology (HOT) Fit Model. Model ini menempatkan komponen penting dalam sistem informasi yakni Manusia (Human), Organisasi (Organization) dan Teknologi (Technology). dan kesesuaian hubungan di antaranya.

Komponen Manusia (Human) menilai sistem informasi dari sisi penggunaan sistem (system use) pada frekwensi dan luasnya fungsi dan penyelidikan sistem informasi. System use juga berhubungan dengan siapa yang menggunakan (who use it), tingkat penggunanya (level of user), pelatihan, pengetahuan, harapan dan sikap menerima (acceptance) atau menolak (resistance) sistem. Komponen ini juga menilai sistem dari aspek kepuasan pengguna (user satisfaction). Kepuasan pengguna adalah keseluruhan evaluasi dari pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem informasi dan dampak potensial dari sistem informasi. User satisfaction dapat dihubungkan dengan persepsi manfaat (usefulness) dan sikap pengguna terhadap sistem informasi yang dipengaruhi oleh karakteristik personal.

Komponen Organisasi menilai sistem dari aspek struktur organisasi dan lingkungan organisasi. Struktur organisasi terdiri dari tipe, kultur, politik, hierarki, perencanaan dan pengendalian sistem, strategi , manajemen dan komunikasi. Kepemimpinan, dukungan dari top manajemen dan dukungan staf merupakan bagian yang penting dalam mengukur keberhasilan sistem. Sedangkan lingkungan organisasi terdiri dari sumber pembiayaan, pemerintahan, politik, kompetisi, hubungan interorganisasional dan komunikasi.

Komponen teknologi terdiri dari kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan (service quality). Kualitas sistem dalam sistem informasi di institusi pelayanan kesehatan menyangkut keterkaitan fitur dalam sistem termasuk performa sistem dan user interface. Kemudahan penggunaan (ease of use), kemudahan untuk dipelajari (ease of learning), response time, usefulness, ketersediaan, fleksibilitas, dan sekuritas merupakan variabel atau faktor yang dapat dinilai dari kualitas sistem. Kualitas informasi berfokus pada informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi termasuk rekam medis pasien, laporan dan peresepan. Kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kualitas informasi antara lain adalah kelengkapan, keakuratan, ketepatan waktu, ketersediaan, relevansi, konsistensi, dan data entry. Sedangkan kualitas layanan berfokus pada keseluruhan dukungan yang diterima oleh service provider sistem atau teknologi. Service quality dapat dinilai dengan kecepatan respon, jaminan, empati dan tindak lanjut layanan.

 

SUMBER REFERENSI:

Chin W. W., Lee M. K. O. (2000) A Proposed Model and Measurement Instrument for The Formation of IS Satisfaction: The Case of End-User Computing Satisfaction available from: <http://disc-nt.cba.uh.edu> [Accessed 09 Agustus 2006].

Dishaw M. T., Strong D. M., Bandy D.B. (2002) Extending The Task- Technology Fit Model with Self-Efficacy Constructs Eighth Americas Conference on Information Systems available from:

<http://sigs-aisnet.org> [Accessed 09 Agustus 2006]

Furneaux, B. (2006a) Theories Used in IS Research: Technology Acceptance Model. Available from: <http://www.istheory.yorku.ca> [Accessed 09 Agustus 2006] .

Furneaux, B. (2006b) Theories Used in IS Research: Task Technology Fit. Available from: <http://www.istheory.yorku.ca> [Accessed 10 Agustus 2006] .

Landry B. J. L., Griffeth R., & Hartman S. (2006) Measuring Student Perceptions of Blackboard Using the Technology Acceptance Model. Decision Sciences Journal of Innovative Education Volume 4 Number 1 January 2006 Printed in the U.S.A. available from: <http://www.blackwell_sinergy.com> [Accessed 09 Agustus 2006]

Yusof M.M., Paul R. J., Stergioulas L. K. (2006) Towards a Framework for Health Information System Evaluation. Proceeding of the 39th Hawaii International Conference on System Sciences, UK

By : Eris L_Simkes05

 

 

 

About these ads

33 Responses to “Model Evaluasi Sistem Informasi”


  1. 1 Sayid Dhamrie Oktober 4, 2006 pukul 1:11 am

    Mantap Lae, Transfer Informasinya sangat membantu para yunior.

  2. 2 Irmansyah Oktober 7, 2006 pukul 2:07 am

    terima kasih informasinya.

  3. 3 Aswyd November 18, 2006 pukul 5:17 am

    Ini sangat membantu ttg evaluasi Sistem Informasi, bisa ditampilkan ga dokumennya, dlm pdf ataupun word. Banyak yang akan terbantu jika bisa didonwload. Terima kasih

  4. 4 Dharma November 20, 2006 pukul 4:22 am

    Terima Kasih Senior. Ditunggu info selanjutnya.

  5. 5 saifullah umy November 28, 2006 pukul 5:49 am

    thanks a lot bro, ini sangat membantu gw sekali dalam penyusunan skripsi gw, gw minta tlg kalo bisa kirimin dong dock nya berupa pdf dan items pertanyaannya.

  6. 6 edy kris Desember 5, 2006 pukul 6:18 am

    saya mau tahu lebih lanjut tentang HOT-Fit seperti model penelitiannya bisa minta referensi ?

  7. 7 Saiful Adi Januari 15, 2007 pukul 5:13 am

    Bos saya mo nanya ne tentang SIM:

    Tanguung jawab CIO dalam PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK DALAM PERUSAHAAN

  8. 8 eka bagoes Juni 3, 2007 pukul 5:21 pm

    sip tenan
    matur nuwun yo….

  9. 9 Haris. N Agustus 23, 2007 pukul 2:56 am

    tulisan nya masih kurang banyak..
    tulis lagi dong yang banya……………..

  10. 10 msl September 7, 2007 pukul 8:13 am

    ditulis juga dong tentang perilaku pasien terhadap informasi kesehatan mereka

  11. 11 Kresna Ananta September 17, 2007 pukul 4:06 am

    maaf sebelumnya,,, saya banyak baca tentang teori TAM diatas,,, tetapi saya masih bingung, apa yang saya harus gunakan untuk mendapatkan hasil penelitian,,, apakah ada instrumen baku dari teori TAM?
    saya macet di penggunaan teori tam’nya neh :)
    yang ada selalu teori dari teori tam,,, tetapi proses pengaplikasian teori TAM dalam penelitian ga saya temukan,,, bagaimana neh kakak,,, mohon batuannya,,,
    terimakasih

  12. 12 Arwan Januari 17, 2008 pukul 12:20 pm

    dalam masing-masing model, tentunya ada item-item standar dalam instrumen yang digunakan. Di mana ya kira-kira saya bisa mendapatkan item-item standar itu? Atau bisakah saya tunggu tulisan berikutnya tentang instrumen itu (terutama yang FAM)? thanks….

  13. 13 kristian ari April 5, 2008 pukul 12:50 pm

    Teman, saya sedang mengalami kesulitan sama seperti sodara Arwan untuk mencari instrumen yang biasa digunakan dalam pengevaluasian sebuah sistem informasi. mohon bantuannya untuk memberitahu atau menuliskan literatur atau tulisan-tulisan yang mengulas instrumen-instrumen tersebut… Salam. GBU.

  14. 14 wawan tripiawan Mei 18, 2008 pukul 2:52 pm

    makasih bro..infonya sangat membantu…

  15. 15 dee Mei 30, 2008 pukul 1:19 am

    terima kasih. model terakhir akan kami kembangkan untuk menilai simpus di seluruh puskesmas. kuestionernya jadi banyak. bahkan bisa dijadikan tesis. siapa berminat??

  16. 16 fixme Januari 13, 2009 pukul 4:42 pm

    artikel bagus….

    kebetulan lagi cari starter buat bikin skripsi….
    jadi ini tho yang bisa buat model evaluasi sistem informasi…

  17. 17 dani September 9, 2009 pukul 3:59 am

    ada contoh penerapannya ga?? tlng donk kalo ada minta contoh penerapannya dan instrumennya. email saya d4ni_work@yahoo.co.id

  18. 18 hazin November 22, 2009 pukul 7:39 am

    Tolong dong minta penjelasan
    model sistem evaluasi. e-mail saya ariefbroken@yahoo.co.id

    minta bantuan nya yang lenkap…

  19. 19 Bluezokka Juli 14, 2010 pukul 12:57 pm

    Ada versi downloadnya ga ya? buat pegangan nih :D

  20. 20 willy Februari 11, 2011 pukul 5:28 pm

    makasih ya infonya bagus nih, minta pdf klo ada

  21. 21 arrins April 12, 2011 pukul 1:36 am

    Terima kasih atas informasinya. Masih ada lagi nggak bahasan tentang evaluasi sistem informasi….contohnya misalnya.

  22. 22 zizo April 25, 2011 pukul 2:12 am

    lha iki sing tak goleki. sing nulis sopo iki kok ganok authore?

    salam arema.

  23. 23 aldiwwe Juli 5, 2011 pukul 12:49 pm

    selamat malam.terimakasih infonya.saya ingin bertanya:
    model evaluasi ini apa bisa diterapkan saat kita melakukan iterasi di rapid application development?terima kasih.

  24. 24 budibelog Maret 1, 2012 pukul 5:27 pm

    terimaksih infonya..
    GBU…

  25. 25 Artikel Kesehatan Hidup September 13, 2012 pukul 8:41 pm

    terimakasih gan ane ijin copi kalau ada di tambaih biar lebih lengkap gan

  26. 26 ztheza November 27, 2012 pukul 6:17 am

    makasih infonya ok… saya ingin kenalan dengan “dee” bisakah saya mendapatkan kontaknya

  27. 27 Fluid IMS Juli 29, 2013 pukul 1:08 pm

    You need to see your articles and the services that you are going to be
    productive for you. Also remember to blog everyday so as to engage
    your readers. I set up two separate accounts, one for my interior design
    business and the other for my training business.

  28. 28 download video ngentot Juni 4, 2014 pukul 3:44 pm

    Greetings! I’ve been following your site for
    some time now and finally got the bravery
    to go ahead and give you a shout out from Dallas Tx!

    Just wanted to say keep up the good work!

  29. 29 disfungsi seksual Agustus 13, 2014 pukul 8:09 pm

    Why users still use to read news papers when in this technological world the
    whole thing is existing on web?

  30. 30 ไฟโตเอสซี Oktober 7, 2014 pukul 6:56 pm

    An interesting discussion is worth comment. I do believe that you ought to write
    more about this subject matter, it might not be a taboo subject
    but usually people don’t speak about these issues. To the next!
    Best wishes!!

  31. 31 ชาทีมิกซ์ Oktober 19, 2014 pukul 5:33 pm

    I do agree with all of the ideas you’ve offered for your
    post. They’re very convincing and can definitely work.
    Still, the posts are too short for novices.
    Could you please extend them a bit from next time? Thanks for the post.


  1. 1 KPENGEMBANGAN KOMPUTER « Teknik komputer jaringan Lacak balik pada Mei 23, 2009 pukul 3:01 am
  2. 2 EVALUASI SISTEM INFORMASI: TAM, EUC SATISFACTION, TTF ANALYSIS, HOT FIT « INFORMASI PERPUSTAKAAN Lacak balik pada Juni 2, 2014 pukul 4:57 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Prakata

simkes-kelas


Salam ....

Terima kasih atas kunjungan anda di Weblog Karya Siswa Sistem Informasi Kesehatan [SIMKES] IKM UGM Angkatan 2006. Saya mengundang pula kepada kawan-kawan kiranya dapat berpartisipasi menuangkan saran dan pemkirannya lewat Weblog ini.


Wasalam ....

Arsip Tulisan Kami

Top Clicks

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 264,475 Kali di Baca

RSS DetikiNet

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: